ASYIKNYA JELAJAH DANAU DAN OUTBOUND SERU DI MUARA INDAH KOTA GUNUNGSITOLI

METRORAKYAT.COM | KOTA GUNUNGSITOLI – Jika anda mencari suasana yang berbeda dalam menikmati liburan, sepertinya berwisata di Muara Indah adalah pilihan yang tepat. Selain menjelajahi keindahan Danau (Luaha Talu) Sitefatö, anda juga bisa mencoba arena outbound yang seru di Muara Indah.

Muara Indah Kota Gunungsitoli terletak sekitar 14 km dari Pusat Kota Gunungsitoli berada di Desa Teluk Belukar, Kecamatan Gunungsitoli Utara dan pada minggu lalu (09/05) Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli melaksanakan kegiatan “Eksplore Obyek Wisata Kota Gunungsitoli” yang bekerjasama dengan berbagai pihak khususnya Kelompok Pecinta Alam (KPA) Tapak Kaki.

“Melalui kegiatan ini, kiranya semakin banyak wisatawan baik lokal, luar daerah maupun mancanegara yang tertarik untuk datang ke lokasi ini dan kedepannya akan semakin ditata sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Kota Gunungsitoli serta berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan potensi PAD Kota Gunungsitoli dari sektor Pariwisata”, ujar Yardius Gea Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan mewakili Wali Kota Gunungsitoli.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli Yasokhi T. Harefa dalam sambutannya mengatakan bahwa Obyek Wisata Muara Indah memiliki banyak ragam keistimewaan tidak hanya dari sisi wisata rekreasi (family tourism), juga dapat dikembangkan wisata bahari (marine tourism), dan wisata kreatif (creative tourism) melalui wisata edukasi (edutourism) dan juga ada banyak spot foto yang menarik dan menjadi favorit sebagai lokasi foto prawedding.

“Jadi untuk melestarikan alam, tentu juga dapat berpotensi untuk pengembangan ekowisata atau acapkali disebut ecotourism”, kata Yasokhi.

Ketua KPA Tapak Kaki Kaleb Halawa sangat mengapresiasi program dan kegiatan yang dilaksanakan bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli.

“Salah satu kunci dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan (Sustainable Tourism) adalah dengan mengembangkan strategi Pariwisata berbasis Komunitas (Community Based Tourism) dan kami dari KPA Tapak Kaki mendukung penuh program Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata dimana kami telah mempersiapkan acara hari ini selama 2 minggu dan utamanya kami memastikan keamanan dan kenyamanan peserta acara. Puji Tuhan acara terselenggara dengan lancar”, ucap Kaleb.

Dalam kegiatan Eksplore Obyek Wisata 2018 ini, peserta kegiatan menyusuri Muara Indah, Danau Luaha Talu dimana banyak ditemui hutan bakau yang dekat dengan pinggiran pantai (ctt. Muara Indah dan Danau Sitefato berbatasan dengan Pantai Hoya dan Pantai Charlita) dengan airnya yang jernih dan sepanjang melewatinya, peserta dihadapkan dengan pemandangan hutan bakau yang menghijaukan mata.

Setelah memutarinya, peserta kembali ke darat dan mengikuti keseruan Area Outbound yang dipersiapkan oleh Komunitas Pecinta Alam Tapak Kaki antara lain, memanjat halang rintang setinggi 5 meter, meniti tali dengan ketinggian 3 meter yang dilengkapi dengan peralatan safety, kemudian mencoba flying fox setinggi 8 meter dan mengikuti permainan game kreatif berupa character building, team building yang dipandu dari KPA Tapak Kaki.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Garuda Indonesia – Nias Bapak Benny Mapram beserta jajarannya, beberapa SKPD, Camat Gunungsitoli Utara Hilman Polem beserta jajarannya, Komunitas Fotografi Indonesia (KFI) Nias, awak media dan utusan sekolah dan tamu lainnya.(MR-Kris/red)