POLITIK

Anggota DPRD Kota Medan Ikuti Gerakan Peduli Kebersihan Lingkungan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Akhir-akhir ini masalah sampah selalu menghantui masyarakat Kota Medan, tidak hanya membuat kotor lingkungan sekitar, namun juga dapat menjadi penyebab banjir saat musim penghujan. Karena kepeduliannya terhadap lingkungan, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Medan, Drs. Wong Chun Sen, M.Pd mengikuti kegiatan peduli lingkungan bersama Pengurus Daerah (PD) Perwakilan Majelis Buddha Indonesia (PERMABUDHI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang diadakan di sekitaran Lapangan Merdeka Kota Medan, Minggu (06/10/2019) pagi.

Pria yang akrab disapa Tarigan ini sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan serentak se-Indonesia ini. Hal tersebut dikatakannya kepada Wartawan usai kegiatan kebersihan lingkungan itu. Kegiatan yang bertema “Bebas Plastik Indonesia Cantik” ini diikuti oleh ratusan masyarakat yang tergabung dari berbagai Majelis yang ada di Sumatera Utara.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena didalam PERMABUDHI ini tergabung beberapa Majelis dan organisasi kepemudaan. Jadi, kegiatan ini sangat bermanfaat, karena kegiatan ini dilakukan serentak diseluruh Indonesia dan terutama di Jakarta juga melakukan hal yang sama. Jadi, kegiatan ini diharapkan bisa dilakukan terus menerus, karena ini bermanfaat bagi lingkungan. Ini memberikan contoh teladan bagi generasi-generasi penerus. kita lihat bahwa, acara lingkungan hidup ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya untuk menghindari terjadinya banjir saat musim penghujan, Kita lihat juga banyak anak-anak yang melihat dan tujuannya di didik agar membuat mereka sadar terhadap lingkungan hidup mereka agar tetap bersih,” kata Wong yang juga Ketua Generasi Muda Buddhis Indonesia (GEMABUDHI) Sumut ini.

Sementara itu, Wakil Ketua PD PERMABUDHI Sumut, Gunarko Hartoyo, ST.,MM mengatakan, gerakan ‘peduli sekitar kita’ ini dilakukan untuk berkontribusi dalam bidang sosial kemasyarakatan.

“Selain dibidang pendidikan, keagamaan dan kemanusiaan. Kegiatan ini sengaja dilakukan agar masyarakat tergerak juga untuk berperan serta dari dirinya sendiri betapa pentingnya menjaga lingkungan. Diketahui bahwa, lingkungan sangat memberikan manfaat bagi manusia. Lingkungan yang baik seharusnya dijaga kebersihan dan kenyamanannya. Sehingga kita dapat hidup nyaman di dalamnya. Maka dari itu kita lihat ini merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dilakukan. Ini juga merupakan kegiatan nasional,” jelasnya.

Wong, yang juga Politisi dari Fraksi Partai PDI Perjuangan DPRD Kota Medan ini berharap, agar kegiatan kebersihan lingkungan ini dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

“Diharapkan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. Jadi, inilah utamanya untuk kesadaran masyarakat. Jadi, jangan hanya sekali saja,” pintanya.

Kemudian, kegiatan yang dibuka oleh Pembimas Buddha Kemenag Provinsi Sumatera Utara, Budi Sulistiyo, S.Ag.,M.Pd.B ini sangat disambut baik, tentunya ini adalah suatu perbuatan baik yang dapat dirasakan masyarakat.

“Apa yang kita lakukan maka itu yang akan didapatkan. Kita berbuat baik, tentunya kita mendapat hal yang baik juga. Harapan kami, gerakan peduli lingkungan ini dapat membangun kesadaran masyarakat, perduli lah akan hal-hal kecil di lingkungan kita. Karena, sedikit saja kita mengganggu lingkungan kita, sepertinya itu mempengaruhi kehidupan kita secara utuh,” pungkas Wakil Ketua PD PERMABUDHI Provinsi Sumatera Utara di akhir wawancara.

Sejumlah majelis besar dan organisasi yang tergabung dalam PERMABUDHI ini antara lain Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia (Mapanbumi), Majelis Buddhayana Indonesia (MBI), Majelis Nichiren Shoshu Budhha Dharma Indonesia (MNSBDI), Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi), Parisadha Buddha Dharma Nichiren Syosyu Indonesia (PBDNSI), Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia (MAHASI), Majelis Tridharma, dan Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi). (MR/Siti)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com