POLITIK SOSBUD

Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan dan Pengurus DPC PDI Perjuangan Medan Bantu Korban Kebakaran di Gg.Langgar dan Gg.Pasir Kecamatan Medan Petisah

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Kota Medan bersama pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Medan turun menemui warga korban kebakaran di Gg.Langgar dan Gg.pasir Kelurahan Petisah Hulu Kecamatan Medan Petisah Kota Medan yang terjadi pada Selasa Malam (1/10/2019) lalu.

Wakil ketua DPC PDI Perjuangan Medan, Hj Fitriani Manurung, S.Pd. M.Pd, ( Balon Wakil Walikota Medan) sambil merangkul salah satu warga korban kebakaran.

Kebakaran yang menghanguskan 45 rumah dan menyebabkan kerugian harta benda bagi sebanyak 65 KK ini belum diketahui pasti penyebab awal terjadinya kebakaran.

Kunjungan rombongan Fraksi DPRD dari PDI P Kota Medan ini dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan yang juga Plt.Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE, Sekretaris Fraksi, Daniel Pinem, Bendahara, Paul Simanjuntak didampingi juga, Sekretaris DPC PDI P Kota Medan, Robby Barus, SE, Bendahara, Boydo H.K.Panjaitan, SH (Mantan anggota DPRD Kota Medan), Wakil Ketua DPC PDI P Kota Medan, Hj Fitriani Manurung, S.Pd. M.Pd, ( Balon Wakil Walikota Medan), dan pengurus DPC PDI Perjuangan Medan lainnya. Senin (7/10).

Terlihat, Hasyim SE didampingi Sekretaris Robby Barus dan Boydo HK Panjaitan menyalami warga korban kebakaran tersebut sambil memberi semangat atas musibah yang menimpa warga tersebut.

” Kehadiran kami dari fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan bersama para pengurus DPC PDI perjuangan  Kota Medan adalah untuk memberi penghiburan bagi saudara-saudara kami para korban kebakaran ini. Kami juga turut merasakan dan perihatin atas penderitaan masyarakat korban kebakaran,” kata Hasyim.

Untuk saat ini, lanjut Plt.Ketua DPRD Kota Medan ini,  DPC PDI Perjuangan Kota Medan, dan fraksi PDI P DPRD Kota Medan memberikan bantuan berupa puluhan sak semen dan puluhan lembar seng baru. ” Bantuan kita berikan dalam bentuk bahan-bahan bangunan, agar lebih bermanfaat, kami melihat banyak rumah yang sudah tidak memiliki seng lagi, akibat habis terbakar, semoga dapat bermanfaat,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan,  Hj Fitriani Manurung, S.Pd. M.Pd, yang juga merupakan Balon Wakil Walikota Medan didampingi Jansen Sihaloho (pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Medan) ditempat yang sama menyebutkan, prihatin atas peristiwa kebakaran yang telah menimpa warga Gang Langgar dan Gang Pasir pada selasa malam kemarin. Saat melihat langsung warga korban kebakaran tersebut perasaan Fitriani sedih dan berharap bantuan yang mereka berikan dapat bermanfaat bagi para korban kebakaran tersebut.

“Saya harap, bantuan yang kami berikan atas nama DPC PDI Perjuangan Kota Medan, bersama Ketua DPC PDI P Medan, dapat bermanfaat bagi para korban kebakaran. Kami juga berharap secepatnya rumah para korban kebakaran tersebut segera dapat ditempati kembali.

Sementara itu, Plt.Lurah Petisah Hulu, Erwin Tarigan ketika dikonfirmasi wartawan mengaku, sejak terjadi kebakaran sudah banyak bantuan yang datang ke tempat itu, mulai dari bantuan dari pemko Medan, organisasi, pribadi dan juga anggota legislatif DPRD Kota Medan.

” Untuk saat ini, warga sangat membutuhkan bantuan berupa seng, kayu dan plastik terpal, sebab banyak rumah yang tidak lagi memiliki atap, sehingga tidak dapat tinggal di rumah mereka yang sudah habis terbakar,” ujar Lurah di dampingi Kepala Lingkungan 9, pak Ucok.

Dijelaskan Lurah lagi, bantuan yang mereka terima langsung disalurkan secara transparan kepada seluruh warga yang menjadi korban kebakaran tersebut. ” Kita tetap transparan dalam memberikan bantuan, sebab memang mereka 9korban kebakaran) sangat membutuhkannya, baik pangan dan papan. Selama 24 jam tetap dilakukan montoring terhadap warga yang menjadi korban, Dan saat ini banyak warga yang sementara tinggal di rumah keluarga mereka menungu rumah mereka dapat diperbaiki,” terang Lurah.

Sementara itu, Kepling 9, Ucok mengaku, tidak mengetahui pasti asal api yang meluluh lantakkan warganya tersebut, sebab saat kejadian sekitar sore, menjelang sholat Isa. 

” Kalau korban kebakaran berjumlah 65 KK dan 45 unit bangunan rumah, namun tidak ada korban jiwa, tetapi 90 persen harta benda hangus terbakar, dan ada yang  hanya tersisa baju di badan saja,” terang Kepling yang mengaku keluarganya juga ada menjadi korban kebakaran dan saat ini masih mengungsi di rumah keluarganya di Medan.

Sementara di lokasi yang sama, seorang warga korban kebakaran, Opung Ridho boru Siregar merasa sedih karena telah kehilangan harta bendanya akibat korban kebakaran tersebut.

” Untuk sementara saya mengungsi di rumah anak saya yang ada di Jalan Tomat Kecamatan Medan Baru, habis semua barang saya ludes terbakar, meski tidak ada korban jiwa, tapi kerugian saya mencapai puluhan juta rupiah. Termasuk juga para warga tetangga saya pak,” ujar boru Siregar tersebut.

Warga ini berharap Pemerintah Kota Medan segera memberikan bantuan dengan memperbaiki rumah-rumah mereka yang telah hangus terbakar.

Turut hadir pada pemberian b, antuan kepada tersebut antara lain  Roni David Sinaga, Hendri Duin, Margaret, Edward Hutabarat, Jhonanes Hutagalung, Drs.wong Chun Sen Tarigan, MPd.B serta.seluruh pengurus fraksi dan pengurus DPC  PDI Perjuangan kota Medan. (MR/red-Siti)

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com