MEGAPOLITAN

Akhyar: Camat, Lurah & Kepling Harus Cerewet Ingatkan Warga Jaga Kebersihan

MetroRakyat.com | MEDAN – Camat, lurah, dan kepala lingkungan (kepling) harus aktif mengawasi kebersihan di kawasannya masing-masing. Apalagi memasuki musim hujan seperti sekarang ini, semua pihak, termasuk warga, harus merasa bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

2016527090148

Wakil-Wali-Kota-Medan-Ir-Akhyar-Nasution-Msi-Gotong-Royong-bersama-Masyarakat-Medan-Petisah
Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution Msi Gotong-Royong bersama Masyarakat Medan Petisah, Jumat(27/5/2016).

 “Kebersihan adalah kebutuhan kita bersama. Maka semua harus merasa bertanggung-jawab atas kebersihan di lingkungan masing-masing. Tidaklah jatuh harga diri kita apabila mengangkat sampah di parit,” kata Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi saat memimpin gotong royong di Pekuburan Muslim Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Petisah, Jumat (27/5/2016)

Akhyar menyampaikan, gotong royong dengan melibatkan masyarakat merupakan wujud dari kepedulian terhadap lingkungan dan harus terus dijadikan sebagai budaya. Dia yakin sesulit apapun pekerjaan jika dikerjakan dengan gotong royong akan berhasil. Karenanya, Akhyar ingin gotong royong terus  digalakkan demi mewujudkan Medan Rumah Kita.

Guna membangkitkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya, Akhyar menginstruksikan seluruh camat, lurah serta kepling harus lebih cerewet. Maksud cerewet itu tak bosan-bosannya mengingatkan warga untuk selalu hidup bersih dan menjaga lingkungannya bersih dari sampah. Di samping itu teliti dan rajin mencgecek sampah-sampah yang ada di wilayahnya.

“Tidaklah hilang wibawa camat, lurah dan kepling jika mengangkat sampah yang ditemukan di jalan, termasuk dalam parit. Kita harus bisa memberikan contoh terbaik kepada masyarakat,” pesannya.

Ditegaskan Akhyar, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk menjadikan Kota Medan lebih bersih tetapi harus bersama-sama dan mendapat dukungan penuh seluruh elemen masyarakat. Apabila seluruh elemen masyarakat sama-sama menjaga kebersihan, maka biaya untuk menjaga kebersihan bisa lebih hemat.

 “Untuk itu kegotongroyongan ini harus terus kita pertahankan dan hidupkan di tengah-tengah masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih kepada camat, lurah dan kepling yang telah berhasil menggerakkan gotong royong. Kami berharap apa yang dilakukan masyarakat di Kecamatan Medan Petisah ini bisa dilakukan oleh masyarakat lainnya di seluruh kecamatan lainnya di Kota Medan,” harapnya.

Gotong royong ini dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Camat Medan Petisah, Rahmat Harap bersama seluruh lurah dan kepling se-Kecamatan Medan Petisah berbaur dengan masyarakat, organisasi pemuda, tokoh masyarakat, petugas polsek dan koramil setempat serta pelajar  saling bahu membahu membersihkan Perkuburan Muslim Sei Sikambing.

Selain merupakan program rutin Kecamatan Medan Petisah, gotong royong ini dilakukan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1437 H. Apalagi jelang datangnya bulan puasa, ziarah ke kuburan merupakan tradisi yang dilakoni sebagain beasra umat Muslim Kota Medan.

“Dengan gotong royong yang dilakukan pagi ini, kita harapkan warga yang datang berziarah akan merasa lebih tenang dan aman karena areal perkuburan sudah bersih,” jelas Camat Medan Petisah Rahmat Harahap.

Tidak hanya menyambut datangnya bulang suci puasa, Rahmat juga emngaku mereka melaksanakan gotong royong membersihkan gereja untuk menyambut Natal maupun hari besar keagamaan lainnya. “Semua ini kita lakukan untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan dengan para warga,” ungkapnya. (RED).

Bagikan:
Redaksi Metro Rakyat
PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif
https://www.metrorakyat.com