Bupati Samosir, Datang ke Desa Bukan Dilayani, Melainkan Melayani Masyarakat

Bupati Samosir, Datang ke Desa Bukan Dilayani, Melainkan Melayani Masyarakat
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Program Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa) untuk melayani masyarakat, ini bukti konkrit dalam melayani masyarakat, bertemu, melihat serta mendengarkan secara langsung kebutuhan masyarakat.

Berbagai pelayanan di Kabupaten dibawa langsung untuk melayani masyarakat di Desa Pangaloan, Jumat (27/1/2023), Samosir.

Bupati Samosir yang didampingi PJ. Sekda, Asisten II, Kadis Kominfo dan pimpinan OPD yang disambut hangat oleh masyarakat, menunggu dengan sabar kehadiran Bupati Ngantor dari Desa Toguan Galung.

Tokoh Masyarakat Desa Pangaloan Guntar Lumban Raja, dan tokoh masyarakat lainnya mengaku bangga dengan program Bunga Desa sehingga masyarakat Desa Pangaloan dapat bertemu langsung Bupati. Pada kesempatan tersebut, tokoh masyarakat meminta perhatian terhadap pertanian, khususnya mengatasi tanah yang sudah tandus di Desa Pangaloan akibat pupuk kimia. Perhatian terhadap pembangunan infrastruktur, irigasi, bantuan bibit dan peralatan pencacah rumput untuk pembuatan pupuk organik.

Bupati langsung mengecek kehadiran Kepala desa dan perangkatnya. Memastikan pelayanan di desa berjalan dengan baik. Mengajak Kepala Desa dan perangkatnya untuk sama-sama melayani masyarakat, memberikan informasi apa saja pelayanan yang ada kepada masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi.

Bunga Desa memberikan pelayanan diantaranya, pelayanan kesehatan, pelayanan Adminduk, perijinan, pelayanan KB, Sosialisasi stunting, sosialisasi pembuatan pupuk organik.
Pengurusan Administrasi kependudukan (akte lahir, KTP dan KK) dan Nomor Induk Usaha langsung selesai dan diserahkan Bupati Samosir kepada masyarakat.

Selain itu juga, memberikan bantuan pertanian berupa bibit dan pupuk organik gratis, bantuan pendidikan bagi siswa berprestasi/kurang mampu SDN 6 dan 14 Pangaloan, pembagian kartu BPJS gratis dan pembagian susu kepada balita.

Memenuhi permintaan masyarakat, Bupati Samosir mengerahkan alat berat membantu pembukaan jalan usaha tani dan jalan menuju permukiman warga. “Manfaatkan alat berat dengan baik, gratis dan tidak ada biaya dari masyarakat. Akan tetapi masyarakat juga harus mendukung dengan penyerahan lahan minimal lebar 6 meter” tambah Bupati.

Dengan tercapainya UHC di Kabupaten Samosir, masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan kesehatan. Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan cukup hanya membawa KTP elektronik atau Kartu Keluarga.

Berbagai pelayanan di desa akan dapat meringankan dan mempermudah masyarakat. Masyarakat akan terbantu, terbantu dari sisi waktu, biaya perjalanan dalam pengurusan. Sehingga dengan pelayanan ini, uang yang seharusnya digunakan untuk biaya keperluan pengurusan dokumen dapat digunakan untuk biaya/kebutuhan masyarakat, imbuhnya. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.