LAMR Inhu Lakukan Sosialisasi MoU

LAMR Inhu Lakukan Sosialisasi MoU

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU –  Lembaga Adat Melayu Riau Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu melakukan  sosialisasi Memorandum of Understanding ( MoU ) antara LAMR Kabupaten Inhu dengan Kamenang dan Pengadilan Agama Inhu.

Acara sosialisasi MoU tersebut  tentang perkawinan, talak, rujuk masyarakat tersebut dibuka oleh Ketua LAMR Kecamatan Rengat Barat, Arifin Ahmad dan dihadiri Ketua Dewan Pengurus Harian ( DPH ) LAMR Kabupaten, Marwan MR, Ketua Majelis Kerapatan Adat ( MKA ) Datuk H. Zulkifli Gani, Wakil Ketua DPRD Inhu, H.Suwardi Ritonga SE,Ketua LAMR Kecamatan Lirik dan Pengurus LAMR di 17 Desa Kecamatan Rengat Barat Inhu, Selasa (22/11/2022).

Arifin Ahmad selaku panitia yang juga sebagai Ketua LAMR Kecamatan Rengat Barat menyampaikan terima kasi kepada wakil Ketua DPRD Inhu H Suwardi Ritonga SE memberikan sumbangsi untuk suksesnya dan terselenggaranya acara ini karena kegiatan ini sangat penting untuk di sosialisasikan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Rengat Barat katanya.

Ketua Dewan Pengurus Harian ( DPH ) LAMR Kabupaten Inhu, Marwan MR selaku narasumber mengatakan acara sosialisasi MoU ini masih secara internal pengurus LAMR di masing masing kecamatan se Inhu, nantinya akan ada tindak lanjut turun melakukan sosialisasi bersama Kamenag dan  Pengadilan Agama Inhu secara bertahap memberikan kontribusi terhadap masyarakat.

Adapun MoU LAMR Inhu dengan Kamenag dan Pengadilan Agama Inhu terkait pernikahan, talak dan rujuk tersebut untuk melibatkan peran dari LAMR Inhu disaat menjelang pernikahan kedua mempelai.

LAMR Inhu memberikan arahan tentang  kearifan lokal, adat istiadat perkawinan sekaligus memberikan nasehat sesuai petata petiti melayu bagaimana lembaga perkawinan yang akan di hadapi oleh  pasangan yang akan menikah.

Kemudian, jika ada kegaduhan perceraian diminta peran dari tokoh adat untuk memberikan setawar sedingin untuk rujuk kembali, hal ini bertujuan untuk mengurangi angka kasus perceraian di Inhu.

“Karena menurut dari keterangan Pengadilan Agama Inhu bahwa angka perceraian di Kabupaten Inhu cukup tinggi, sehingga berdampak terhadap anaknya baik itu secara ekonomi maupun pendidikan,” ungkapnya.

Sementara,Wakil Ketua DPRD Inhu, H Suwardi Ritonga SE menyampaikan, saya hadir bukan sebagai kapasitas jabatan wakil Ketua DPRD Inhu tapi bagian warga melayu Indragiri Hulu,  ingin  Negeri melayu Indragiri Hulu ini membangun peradapan melayu  untuk meneruskan titipan leluhur kita terhadap anak cucu.

Beliau berharap Kepada LAMR Inhu untuk  membangun ciri khas melayu di tempat tempat kegiatan baik itu acara pernikahan dan lainnya merasa memiliki kesan bahwa Inhu ini Negeri Melayu.

Ketua Majelis Kerapatan Adat ( MKA ) Datuk H. Zulkifli Gani menyampaikan bahwa acara sosialisasi MoU ini sekaligus acara  silaturahmi  pengurus lembaga adat se Kabupaten Inhu khususnya di Kecamatan Rengat Barat.

“Semoga acara pertemuan silaturahmi ini memberikan kebaikan, mari kita jaga adat istiadat kita dengan baik,” ajaknya. (MR/Ob)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.