oleh

Politeknik Medan Serahkan Mesin Cetak Emping  

METRORAKYAT.COM, DELISERDANG – Dosen Politeknik Negeri Medan, Dr. Surya Dharma, S.T, M.T, menyerahkan mesin pencetak emping melinjo kepada penggerak pariwisata UKM Desa  Denai Lama. Penyerahan ini sekaitan dengan program pengabdian masyarakat.

Dosen dan Politikenik ,Raya Puspita Sari Hasibuan, Jojor Lisbet Sibarani, Eli Rihat Sebayang, Isma Fitriani , Fedrilson Jackson Zai dan Intan Pratiwi disambut di  objek wisata edukasi ikan hias milik Budiono, Kelompok Mulia Indah Desa Denai Lama kecamatan Pantai Labu.

Surya Dharma mengatakan, Desa Denai Lama adalah desa yang dikelilingi persawahan dan perkebunan, sehingga lahan warga terdapat pohon-pohon melinjo yang buahnya dapat dijadikan keripik atau emping melinjo.

Keripik melinjo berpotensi menjadi ciri khas kuliner  desa yang dapat dibawa pengunjung ketika berlibur ke desa wisata kampoeng Lama.

Mesin pencetak kripik melinjo diserahkan sebagai program keberlanjutan pengabdian dosen Politeknik Negeri Medan kepada penggerak pariwisata. Tujuannya, untuk membantu pelaku usaha agar lebih mudah dalam pengolahan serta meningkatkan produksi.

Selama ini pelaku usaha keperipik melinjo Desa Denai Lama dikerjakan dengan manual sehingga produksi keripik sangat terbatas.

Brama Kumbara, pemuda yang aktif berperan dalam program pengembangan desa wisata menyampaikan terima kasih kepada Politeknik Negeri Medan.

Ia juga menjelaskan, dalam program desa wisata, kuliner faktor pendukung daya tarik wisata yang tidak bisa dipisahkan dari pariwisata. Ia melihat  Desa Denai Lama memiliki beragam potensi dan satunya adalah produksi keripik atau emping melinjo, ujarnya.(MR/ID)