oleh

Bupati Tapsel Terima Mesin Penggiling Padi Berjalan Dari Pemprovsu

METRORAKYAT.COM, TAPANULI SELATAN – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, meminta ke badan usaha milik desa (Bumdes) Bersama Timur Jaya Kecamatan Angkola Timur, untuk dapat manfaatkan bantuan plus dijaga dengan sebaik-baiknya berupa mesin penggiling padi berjalan (rice milling machine mobile) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemprov Sumut.

“Jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya ini bisa menjadi penghasilan masyarakat dan Bumdes Bersama Timur Jaya. Namun yang namanya mesin, kami mohon mesin ini dirawat dengan telaten. Karena kebiasaan kita kalau sudah terima bantuan, akan berpikir (bantuan) ini bakal datang terus,” kata Bupati pada acara penyerahan bantuan mesin penggiling padi berjalan dari Dinas PMD Pemprov Sumut ke Bumdes Bersama Timur Jaya di Halaman Kantor Bupati Tapsel, Kamis (21/10/2021)

Pesan itu, kata Bupati, disampaikan agar bantuan yang diberikan itu dapat bertahan lama, sebab di tengah pandemi Covid-19 saat ini, banyak anggaran pemerintah yang dipotong untuk penanganannya, sehingga patut disyukuri Bumdes Bersama Timur Jaya masih bisa menerima bantuan. Dia juga berharap, bantuan itu bisa bermanfaat bagi desa-desa lain di Angkola Timur maupun di luar Angkola Timur.

Bahkan, lanjut Bupati, tidak menutup kemungkinan, jika dirawat, kemudian masyarakat puas dengan penggunaannya, maka bantuan itu bisa dikembangkan, dan sebagian digunakan untuk modal lanjutan, sebagian lagi digunakan perawatan sehingga ke depan bisa menghasilkan mesin-mesin penggiling padi yang baru.

Bupati juga berharap agar para anggota, dapat mempromosikan ke masyarakat luas bahwa, Bumdes Bersama Timur Jaya sudah memiliki unit usaha di bidang pengolahan padi.

“Kami juga mengucapkan terimakasih ke Bapak Gubernur dan Dinas PMD Pemprov Sumut. Mudah-mudahan, bantuan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Tapsel, khususnya di Angkola Timur,” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan Kawasan Pedesaan pada Dinas PMD Sumut, Jhon Dirgan Sembiring, yang hadir dalam penyerahan bantuan itu turut menyampaikan, bahwa untuk tahun ini, pihaknya memiliki program bantuan kepada Bumdes. Bumdes Bersama Timur Jaya itu adalah gabungan dari dua desa di Kecamatan Angkola Timur.

“Jadi, tujuan dari pembentukan Bumdes ini Pak Bupati, untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Kami harapkan, bantuan ini menjadi stimulus bagi Bumdes. Dengan potensi yang ada, mereka (Bumdes) mengusulkan ke Pemprov Sumut melalui Dinas PMD Tapsel, supaya mereka ada unit usaha,” terang Jhon.

Di mana, sebut Jhon, yang diusulkan oleh Bumdes itu dibutuhkan dan potensinya ada sehingga diserahkan bantuan mesin penggiling padi berjalan. Nantinya, mesin itu bisa disewakan kepada masyarakat. Dan ke depan, bilamana ada desa lain yang memiliki potensi pertanian, pihaknya juga siap membantu.

“Saat ini juga, Bapak Gubernur melalui Dinas PMD Sumut memprogramkan bantuan ke desa-desa wisata. Jadi, bantuan itu ada, nanti akan diverifikasi melalui Kepala Dinas PMD Tapsel. Kami harap persyaratannya nanti dapat dipenuhi. Sehingga, diharapkan visi misi Gubernur Sumut menjadikan perekonomian masyarakat Bermartabat dapat tercapai,” bebernya. (MR/FS)

Breaking News