Wali Kota Medan Bersama OPD&Camat Menggelar Pertemuan Untuk Pastikan 3T dan 5T Terus Diterapkan Serta Tingkatkan Vaksinasi

Wali Kota Medan Bersama OPD&Camat Menggelar Pertemuan Untuk Pastikan 3T dan 5T Terus Diterapkan Serta Tingkatkan Vaksinasi
Bagikan
METRORAKYAT.COM, MEDAN – Setelah pertemuan dengan jajaran Rumah Sakit, Wali Kota Medan Bobby Nasution menggelar pertemuan dengan seluruh OPD dan Camat se- Kota Medan di Posko Satgas Covid-19 Kota Medan, Jumat (24/5). Pertemuan ini membahas penanganan Covid-19 dalam PPKM Level 3 dan upaya Pemko Medan untuk turun ke PPKM level 2, maupun PPKM level 1 dan zona hijau.

Dalam pertemuan yang dihadiri Sekda Wiriya Alrahman dan Pimpinan OPD ini, Wali Kota Medan meminta seluruh jajaran untuk terus berperan aktif dalam penanganan Covid-19, meskipun saat ini Medan PPKM turun ke level 3, kita harus tetap waspada dan tingkatkan upaya untuk kembali turun level. Artinya terus melakukan pengawasan dan mendisplinkan masyarakat agar tetap mengikuti dan mentaati Protokol Kesehatan saat beraktifitas.

“Pastikan 5 M dan 3 T harus diterapkan dengan baik di wilayah masing-masing. Khususnya 2 T yakni Tracing dan Testing harus diperkuat lagi. Artinya jika ada yang terkonfirmasi positif maka 15 orang harus kita tracing dan testing,” Kata Wali Kota Medan.

Selanjutnya Bobby Nasution meminta kepada OPD dan Camat untuk mengupayakan agar warga yang terkonfirmasi positif untuk masuk ke Isoter jangan Isoman. Sebab sudah ketentuannya Pasien terkonfirmasi wajib mendapatkan pelayanan kesehatan di Isoter.

“Saya menilai itensitas warga untuk masuk Isoter berkurang padahal fasilitas Isoter sudah sangat lengkap. Untuk itu Upayakan warga yang terkonfirmasi positif agar masuk Isoter guna penanganannya lebih cepat dan maksimal,” Jelas Bobby Nasution.

Menurut Bobby Nasution saat ini ketersediaan vaksin sangat banyak, oleh karena itu OPD dan Camat harus lebih aktif untuk mengajukan vaksin ke Dinas Kesehatan agar target vaksinasi kita tercapai. Seperti contoh, lanjut Bobby Nasution, Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan, sudah berapa jumlah Supir angkutan dan guru maupun pelajar yang di vaksin.

“Ketersediaan vaksin kita banyak, saya minta OPD dan Camat ajukan vaksin. Kalau perlu gelar Vaksinasi sampai lingkup yang paling kecil seperti per kelurahan maupun lingkungan. Namun demikian Dinas kesehatan harus tentukan target vaksin perharinya,” Imbuh Bobby Nasution.

Kemudian guna mengoptimalkan penanganan Covid-19 di PPKM level 3, Bobby Nasution meminta Dinas Perhubungan untuk memperketat pintu masuk Kota Medan baik itu diperbatasan menuju tempat wisata maupun pintu masuk dari laut. “Sebab dikhawatirkan banyak warga yang berpergian maupun datang ke Kota Medan. Selain itu kita harus waspada dengan varian baru dari virus Covid-19,” Pungkas Bobby Nasution.

Diakhir arahannya, Bobby Nasution mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD dan Camat berkat kerja keras bersama Kota Medan bisa turun ke PPKM level 3. Namun ini menjadi tantangan kita selanjutnya untuk menurunkan kembali status PPKM level 3 di Kota Medan menjadi level 2, maupun PPKM level 1 dan zona hijau.(MR/wan)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.