Dinas PU Medan Lakukan Pengorekan Dan Penyedotan Sendimen Drainase di Pasar Seikambing Medan

Dinas PU Medan Lakukan Pengorekan Dan Penyedotan Sendimen Drainase di Pasar Seikambing Medan
Bagikan


METRORAKYAT.COM, MEDAN – Upaya Walikota Medan, Bobby Nasution untuk menjadikan kota Medan bebas banjir telah dibuktikan dengan melakukan pengorekan dan penyedotan sendimen drainase yang ada dikota Medan yang dianggap sebagai sumber penyebab terjadinya genangan dan penyumbatan aliran air. Kali ini, Walikota Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menurunkan alat beratnya seperti beko, truk dan kenderaan penyedot lumpur milik Pemko Medan. Sekitar pukul 21.00 WIB, (malam) para pekerja dinas PU Medan melakukan pengorekan sendimen drainase di Jalan Kapten Muslim Kecamatan Medan Helvetia dan dimulai di wilayah Pasar Seikambing. Kamis (08/04/2021).

Kepada awak media, Ardiansyah selaku pegawai dari Dinas PU Medan mengaku, pekerjaan sengaja dilakukan pada malam hari agar tidak menggangu pengguna jalan termasuk juga para pedagang. Seyogyanya, pengorekan dilakukan satu minggu yang lalu, namun akibat ketidaksiapan para pedagang saat itu membuat dinas PU Medan mengundur waktu.

” Seharusnya, pengorekan ini dilakukan minggu kemarin, namun karena para pedagang belum siap dan masih dilakukan sosialisasi, sehingga kami menunda sampai hari ini (Kamis malam-red) melakukan pengorekan,”ujar Ardiansyah.

Sambungnya lagi ada beberapa tempat yang akan dilakukan pengorekan dan penyedotan sendimen drainase antara lain drainasi di Jalan Kapten Muslim Gang Pertama. Dilokasi itu, terlihat drainasenya sudah sangat parah, nyaris telah dipenuhi lumpur dan sampah.

” wajar saja, ketika turun hujan maka yang terjadi genangan air hingga menyebabkan banjir. Ini yang pertama akan dilakukan pengorekan,”katanya.

Diakuinya, dampak dari kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan selama ini menjadi faktor utama terjadinya kebanjiran di lingkungan sekitar. Ardiasyah pun berharap masyarakat semakin peduli untuk kebersihan lingkungan sekitar, temasuk juga para pedagang, agar tidak membuang sampah apapun sembarangan.

” Sebab, percuma saja dilakukan pengorekan jika, setelah itu,warga kembali membuang sampah di drainase. Mari kita sama-sama saling menjaga,”ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Medan dari Dapil 1 Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung, SE kepada wartawan mengatakan, Dinas PU saat ini merupakan dinas terdepan dalam menjalankan prorgam Walikota Medan untuk perbaikan infrastruktur. Sehingga Dinas PU Medan pantas untuk di apresiasi, karena bekerja siang dan malam agar kondisi jalan dan drainase di kota Medan dapat kembali normal.

Duma juga mengapresiasi Kadis PU Medan yang terus menerus mengarahkan anggotanya untuk bekerja memperbaiki infrastruktur yang rusak di kota Medan.

” Kita akui, Walikota Medan sangat atensi agar kota Medan tidak lagi banjir, sehingga Walikota Medan, Bobby Nasution ingin menunjukkan kinerja kepada masyarakat bahwa kota Medan dapat dirubah jika seluruh masyarakat saling mendukung, termasuk juga para OPD untuk dapat mengikuti visi dan misi walikota Medan yang masih energik tersebut,” kata Politisi dari partai Gerindra Kota Medan ini.

Wakil rakyat yang duduk di komisi IV DPRD Kota Medan ini juga berharap Walikota Medan dapat menilai ASN Pemko Medan yang benar bekerja dan aktif dalam menjalankan tugas-tugas dilapangan. Hal ini dengan memberikan insentif bagi para ASN yang diketahui bekerja dengan baik.

” Ada saya dengar Tunjungan TPP pegawai di Dinas PU Medan yang belum cair, Saya yakin dengan kebijaksanaan pemimpin seperti Walikota Medan, Bobby Nasution, tidak akan membiarkan begitu saja para ASN yang bekerja tulus dilapangan. Untuk TPP pegawai yang belum dicairkan oleh Pemko Medan, kita berharap agar jangan diperlama-lama lagi, sebab, ditengah situasi pandemi Covid-19 dan meningkatkan kebutuhan apalagi menjelang bulan Suci Ramadhan kiranya TPP pegawai ASN tersebut dapat dicairkan sebagai penyemangat kerja mereka,” pungkas Duma.(mr/wan)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.