Polres Sibolga Berhasil Ungkap Pencurian HP Milik ASN

SHARE
50 views

METRORAKYAT.COM SIBOLGA ( PACURAN GEROBAK) – Polres Sibolga Berhasil ungkap pelaku pencurian Hendphone milik seorang ASN yang terjadi pada Jumat (14/08/20) Tahun yang lalu.

Kasus pencurian itu di laporkan Korban benama Januari Panggabena (47) warga Jln. Iyu, No.89, Kelurahan Pancuran Pinang, Kota Sibolga sekitar Jam 06:00 WIB ke Polres Sibolga, dan kejadian itu terjadi sekitar Jam 04:00 WIB

Menurut keterangan Januari (Korban red) menjelaskan sesaat membuat laporan, korban telah kehilangan tas sandang berwarna Biru berisikan Satu Unit Hendphone Merk Samsung Type A20S beserta satu Unit Charger.

Keterangan Korban, atas kejadian tersebut Korban mengalami kerugian dengan jumlah nominal sebesar Rp 2.270.000 Rupiah.

Bergeser Tahun, rasa penasaran Personil Polres Sibolga untuk mengungkap pelaku dari pencurian tersebut berbuah hasil cemerlang. Pengungkapan kasus pencurian Tas ASN berhasil di ungkap di Tahun 2021.

Penggungkapan kasus pencurian tersebut buntuk kinerja yang membutuhkan konsentrasi yang maksimal. Kasat Reskrim Polres Sibolga AKP D.Harahap,SH memerintahkan Unit Opsnal utk melakukan lidik dan olah TKP dan kemudian hari Sabtu (09/01/21) sekitar Jam 22:00 WIB telah diamankan seorang Laki-laki lagi santai duduk di salah satu warung tuak di Jln. Santeong Kelurahan Pancuran Gerobak, Kota Sibolga.

Penangkapan seorang Lelaki oleh Personil Polres Sibolga dan dilakukan pemeriksaan terhadap diduga Tersangka mengaku bernama AS Alias T (32) warga Jln.Patuan Anggi, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kota Sibolga.

Melakukan penyidikan lebih mendalam bahwa tersangka AS mengaku pernah melakukan pencurian barang berupa 1 Unit Hp pada tanggal dan hari yang tidak diingat lagi, tapi tersangka mengaku melakukan pencurian tersebut pada Bulan Agustus 2020 di Jln. Sibolga Baru Kelurahan Pancuran Gerobak, Kota Sibolga.

Tersangka juga mengaku pencurian HP tersebut diambil dari atas meja di sebuah warung di Jln. Sibolga Baru, Kota Sibolga dan tidak menggunakan alat bantu. Dan Hp hasil curian tersebut berhasil di jual oleh teman pelaku identitas sudah di ketahui, serta hasil penjualan Hp hasil curian tersebut berhasil di jual dengan harga Rp 1.200. 000 Rupiah, dan pelaku menerima hasil dari teman pelaku sebesar Rp 600.000 Rupiah.

Keberhasilan pengungkapan kasus tersebut juga di benarkan Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, SH, SIK, melalui Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu R. Sormin

“Ya benar, ini suatu prestasi bagi Polres Sibolga. Semoga personil Polres Sibolga kedepanya semakin bersinergi untuk penegakkan Hukum dan menciptakan rasa nyaman bagi warga Sibolga tanpa terkecuali,” Ujar Kapolres Sibolga melalui Paur Humas Polres Sibolga Kepada awak media Senin (11/01/21).

Lanjut Paur Humas Polres Sibolga, Setelah mendalami keterangan tersangka bahwa di duga kuat pelaku (Tersangka red) juga pernah dihukum selama 3x. Yang pertama tahun 2014 dalam kasus aniaya dan dihukum selama 5 Bulan, kedua tahun 2016 dalam kasus curanmor dan dihukum selama 2 tahun, dan yang ketiga tahun 2019 dalam kasus pencurian dan dihukum selama 3 thn dan dijalani selama 1 tahun 4 Bulan di Lapas Tukka. dan setiap melakukan tindak pidana dalam vonis tersangka membuat nama dan tanggal lahir yang berbeda dan telah berumah tangga memiliki 1 orang anak dan dengan isteri telah cerai.

Atas perbuatanya kini tersangka mendekam di RTP Polres Sibolga, diduga telah melakukan tindak pidana Pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 4e dari KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun (MR/RM).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif