KPwBI Tabur Benih Lele di Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang

SHARE
526 views

METRORAKYAT.COM, BATANG KUIS – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sumatera Utara (Sumut) melakukan Kick off dalam rangka kegiatan Budidaya Perikanan Tambak dan Penyerahan Bantuan Program Sosial sebagai pelaksanaan program Kemandirian Ekonomi. Penaburan benih ikan lele dilakukan di areal komplek Pondok Pesantren Mawaridusalam Batang Kuis, Deli Serdang, Sabtu (14/11/2020).

KPw BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat di menyatakan dalam sambutannya bahwa Program tersebut merupakan bentuk kepedulian untuk mengembangkan dan memberdayaan ekonomi masyarakat khususnya kepada setiap pondok pesantren di Sumut.

Di acara itu hadir Bupati Deli Serdang diwakili Kadis Perikanan dan Kelautan Syariifah Aulia, Pimpinan Pesantren Mawaridussalam Buya KH Sayyed Markum, mewakili Kakankemenag Deli Serdang, Canat Batangkuis. Abdullah, Kades Suwarno.

Sambung Wiwiek, BI mendorong peningkatan ekonomi masyarakat khususnya kalangan pesantren.

“BI ingin salah satu sistem ekonomi modern bisa diterapkan di pesantren baik bagi pengelola, guru maupun para santri, agar pesatren meruoakan salah satu ekonomi baru,” pinta Wiwiek.

Dimana BI sejak tahun 2015 telah mengembangkan ekonomi syariah. Saat ini sudah ada kurang lebih 325 pesantren yang bernitra bersama BI,” pungkas Wiwek.

Senentara itu, Syarifah Aulia mewakili Bupati Deli Serdang memberikan apresiasi apa yang dilakukan Bank Indonesia Sumut di Pesantren Mawaridussalam.

“Kehadiran pesantren bisa membantu generasi muda dalam pemberdayaan ekonomi khususnya di pesantren .Mulai dari Pimpinan Pondok pesantren hingga semua santri agar dapat mensejahterakan pesantren. Atas inisisai yang dilakukan BI berharap nantinya mampu memperbaiki ekonomi masyarakat,” harapnya.

Lebih Syarifah, pembudidayaan ikan cukup potensial di Deli Serdang. Kedepan antara Pemkab dan BI akan terus tingkatkan kemitraan sebagai pengembangan perekonomian serta menambah ilmu pendidikan tentang pembudidayaan ikan.
Syarifah mengatakan, ikan mas, ikan nila atau beberapa jenis ikan dari Deli Serdang terus dikirim ke Medan.

Bahkan Ikan setelah dijual pedagang di Medan, kembali mengirimnya ke Toba atau daerah lain di Sumut. Pimpinan Pondok Pesantren Mawaridussalam Buya KH Sayyed Markum menyatakan atas nama keluarga besar pesantren mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan KPw BI.

“Gagasan yang sudah dilakukan BI cukup baik untuk pengembangan perekonomian. Ilmu praktek budidaya pengenbangan ikan lele ini ssbagai upaya untuk menciptakan santri yang bisa berwiraswasta dan berwirausaha. Semoga apa yang sudah dibuat BI bersama Pak Wiwiek semakin sukses,” tutupnya. (MR/ JB Rumapea).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif