KPU Kota Medan Uji Coba SIREKAP

SHARE
126 views

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melakukan uji coba Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) untuk merekapitulasi hasil pemungutan suara pada Pilkada 2020. Upaya itu sangat penting untuk menjamin masyarakat mendapatkan informasi hasil penghitungan suara dan rekapitulasinya secara lebih cepat saat pemilihan yang diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

“Mulai Selasa sampai dengan Kamis (24-26/11/2020), kami bersama semua jajaran KPU Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Sekota Medan menyelenggarakan kegiatan uji coba rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang dari tingkat TPS sampai tingkat Kota,” kata Komisioner KPU Kota Medan Divisi Teknis, Rinaldi di Hotel Santika, Rabu (25/11/2020).

Menurutnya, secara teknis kegiatan uji coba ini dilakukan bagi daerah yang melakukan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati atau wali kota-wakil wali kota.

“Simulasi dilaksanakan untuk semua jenis pemilihan di seluruh Indonesia ,” katanya.

Dalam uji coba itu, masing-masing PPK Sekota Medan melakukan uji coba pada 12 (dua belas) TPS dengan mekanisme simulasi pengisian Formulir Model C Hasil-KWK Simulasi dilanjutkan dengan proses Foto Dokumen sampai dengan proses pengiriman hasil foto Formulir Model C ke Server Sirekap Pemilihan 2020 menggunakan Aplikasi Sirekap Mobile (versi Beta).

Setelah Proses Sirekap Mobile oleh yang bertugas sebagai KPPS dilanjutkan dengan Proses Rekapitulasi Tingkat Kecamatan oleh yang bertugas sebagai PPK, Tingkat Kabupaten/Kota dan Tingkat Provinsi dengan menggunakan Aplikasi Sirekap Web.

Adapun setiap tahapan proses Rekapitulasi menggunakan Sirekap Mobile dan Sirekap Web sebagai alat bantu, dapat dipantau secara langsung perkembangan proses input data oleh KPU RI.(mr/oehlers)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif