Walikota Siantar Coffee Morning Bersama Forkopimda dan Parpol, Sepakat Deklarasi Jaga Persatuan dan Kesatuan

SHARE
66 views

METRORAKYAT.COM, PEMATANG SIANTAR – Walikota Pematangsiantar Dr. H Hefriansyah, SE, MM coffee morning bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan partai politik (parpol), di Convention Hall Siantar Hotel, Senin (19/10/2020) pagi. Dalam coffee morning tersebut dibahas situasi dan kondisi Kota Pematangsiantar dan deklarasi damai menjaga persatuan dan kesatuan.

Dalam sambutannya, Hefrianysah mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda dan semuanya yang telah hadir di acara coffee morning. Tujuan kegiatan ini, katanya, untuk mempererat tali silaturahmi.

“Mari kita tetap menjaga toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin sangat baik di Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini,” ajaknya.

Menurut Hefriansyah, diskusi tidak harus dilakukan melalui rapat atau forum- forum resmi. Namun di saat suasana santai juga bisa dilakukan untuk membuka wacana serta gagasan pemikiran baru dalam memecahkan persoalan dan perencanaan pembangunan.

Masih kata Hefriansyah, di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini, tentunya pelaksanaan Pilkada berbeda dari sebelumnya.

“Pelaksanaan Pilkada berpedoman pada Peraturan KPU No 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid- 19,” jelasnya.

Karena itu, Hefriansyah berharap agar bersama-sama melaksanakan protokol kesehatan, terutama saat pelaksanaan Pilkada nantinya, yakni dengan tetap mencuci tangan, mengenakan masker, serta menjaga jarak.

“Saya berharap kita semua terus menjaga dan memelihara sinergitas, komunikasi, dan koordinasi di antara masyarakat. Kemudian berikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya persatuan, kesatuan, dan kenyamanan dalam kehidupan sehari- hari, lebih-lebih dalam menghadapi pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2020, khususnya di Kota Pematangsiantar,” terangnya.

Melalui pertemuan tersebut, Hefriansyah mengajak semuanya untuk memelihara satu komitmen bersama dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian Kota Pematangsiantar yang semakin Mantap, Maju, dan Jaya.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar mengatakan pihaknya dari pihak kepolisian akan menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Pematangsiantar untuk kenyamanan masyarakat.

Sementara itu, Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga SH mengatakan, dengan adanya acara coffee morning tersebut, ia berharap bisa muncul ide-ide cemerlang.

“Saya berharap agar kita semua menjaga kekondusifan dan keamanan di Kota Pematangsiantar,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematangsiantar Drs HM Ali Lubis mengajak semuanya tetap menjaga toleransi antar umat beragama di Kota Pematangsiantar.

Usai sesi tanya jawab, para undangan sepakat deklarasi damai dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan di Kota Pematangsiantar. Isi deklarasi tersebut yakni, siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; menyerukan kepada masyarakat Kota Pematangsiantar untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian, intoleransi, radikalisme, serta tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax; mendukung sinergitas dan soliditas Pemerintah Kota Pematangsiantar, TNI- Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta elemen masyarakat lainnya demi terciptanya keamanan dan ketertiban yang kondusif di Kota Pematangsiantar;
serta berperan aktif dalam mengikuti protokol kesehatan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM, Dandim 0207/Simalungun, Dandenpom 1/1 Pematangsiantar, dari Pengadilan Negeri (PN) Pematangsiantar, Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar, para Asisten dan Staf Ahli Pemko Pematangsiantar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan camat se-Kota Pematangsiantar, tokoh agama, tokoh agama, akademisi, serta pengurus parpol. (MR/MBPS)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif