Pemkab Samosir Bahas Terkait Covid-19 Bersama Media

SHARE
85 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pejabat sementar (Pjs) Bupati Samosir Lasro Marbun didampingi Asisten I Mangihut Sinaga, dan Kadis Kesehatan Nimpan Karokaro temu pers terkait Covid-19.

Kegiatan tersebut dalam mengikuti perkembangan serta penentuan langkah strategis menangani kasus Covid-19, termasuk isu yang berkembang sebagai langkah yang diambil untuk mengatasinya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengundang para awak media yang bertugas di Samosir untuk memberikan penjelasan mengenai langkah yang membahas Covid-19.

Pemkab mengadakan konferensi pers di Aula Kantor Bupati, Senin (12/20/2020).

Hadir Pjs Bupati Samosir Lasro Marbun, Asisten I Mangihut Sinaga, Kadis Kesehatan Nimpan Karokaro, Kadis Pendidikan dan Kakan Kesbangpol Agustianto Sitinjak, serta wartawan yang bertugas di Samosir namun tetap mengikuti protokol wajib masker, dan cuci tangan dan pengukuran suhu tubuh.

Dari hasil temu pers menanyakan bagaimana langkah telah dilakukan GTPP Covid-19 di Samosir dan berupaya yang telah dilakukan dalam mensiasati perkembangan terkini kasus infeksi Covid-19 oleh GTPP Covid-19 Samosir. 

Langkah – langkah yang telah diambil tetap upaya menjaga keselamatan masyarakat, baik itu  pada bidang kesehatan, pendidikan, sosial, keagamaan, pariwisata. 

Langkah selanjutnya dengan penjagaan pintu-pintu gerbang masuk ke Samosir. Dan juga mengawasi wisatawan yang akan berwisata kesamosir dan juga orang orang yang akan melakukan perjalanan ke Samosir.

Lebih, lanjut Lasro Marbun, menjelaskan peran GTPP Covid-19 akan dilebih-aktifkan, untuk memastikan pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 melalui tracing, tracking, dan treatment terhadap orang-orang yang terkonfirmasi positif.

Nimpan Karokaro, Kadis Kesehatan Samosir menyampaikan bahwa berdasarkan hasil tracing yang dilakukan, orang-orang terkonfirmasi positif masih bersifat klaster keluarga, jadi belum terjadi transmisi dalam eskalasi yang lebih luas.

“Kita harus siap untuk kemungkinan peningkatan kasus pada hari-hari yang akan datang,” ucap Nimpan Karo-karo.

Selain itu, dia juga mengajak seluruh masyarakat Samosir agar jangan panik, dimana kepanikan akan dapat menurunkan imunitas tubuh dalam menghadapi infeksi Covid-19.

“Secara teknis Dinas Kesehatan Samosir akan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP)  dalam  menangani orang-orang yang terkonfirmasi positif mulai dari isolasi mandiri di rumah, isolasi dirumah sakit, dan isolasi di Balai Latihan Kerja (BLK) Samosir,” ujar Beliau. 

Begitu juga dalam bidang pendidikan, GTPP Covid-19 mengambil langkah dan tindakan guna pencegahan penyebaran Covid-19. 

Hal tersebut dijelaskan oleh Kadis Pendidikan di Samosir, Rikardo Hutajulu. Ia menjelaskan pada awak media bahwa telah dilakukan penutupan sekolah-sekolah yang ada di Kabup muka pada

“Kita telah memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) melalui visitasi para guru ke tempat tinggal siswa. Namun sebelum memutuskan daring ini, Dinas Pendidikan terlebih dahulu berkoordinasi. (MR/JB Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif