KPU Kota Medan Akan Buka Debat Kandidat Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Medan

KPU Kota Medan Akan Buka Debat Kandidat Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Medan
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan rencananya akan menggelar debat kandidat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota peserta Pilkada Medan 2020 sebanyak tiga kali. Debat tersebut akan dilakukan pada 7 November 2020, 21 November 2020 dan terakhir pada 5 Desember 2020.

“Pelaksanaannya akan dilakukan setiap hari Sabtu, aja,” kata M Rinaldi Khair yang merupakan Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Medan saat bincang bareng Media, Sabtu (28/10/2020).

Rinaldi juga mengatakan bahwa debat tersebut akan diikuti oleh dua pasangan calon, dan akan digelar di Hotel Grand Mercure Medan. Debat ini nantinya akan disiarkan secara langsung oleh televisi nasional. Selain itu, KPU juga akan memfasilitasi tayangan tersebut pada media sosial resmi milik KPU Kota Medan. Dimana KPU juga akan membatasi jumlah peserta yang hadir di lokasi acara, guna mencegah keramaian.

“Kan sudah disiarkan secara langsung, makanya di lokasi debat kita batasi peserta yang hadir. Masing-masing paslon hanya boleh membawa 4 orang anggota timnya. Karena di lokasi nantinya yang hadir hanya KPU Kota Medan dan Bawaslu Medan,” jelas Rinaldi.

Untuk pelaksanaan debat ini, KPU Kota Medan sudah memilih beberapa panelis dari kalangan akademisi. Ada yang dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), FISIP Universitas Sumatera Utara, FKM Universitas Sumatera Utara dan dari UIN Sumatera Utara.

“Seluruhnya adalah kalangan akademisi bergelar profesor,” sebutnya.

Dalam setiap debat, isu covid -19 menurutnya selalu menjadi topik yang akan diulas oleh para panelis kepada dua pasangan calon.

“Baik pasangan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi maupun Bobby Nasution-Aulia Rachman,” ucapnya mengakhiri. (MR/Red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.