OJK Bersama TPAKD Berikan Pendidikan Pelatihan UMKM di Marketplace

SHARE
103 views

METRORAKYAT.COM, SUMUT – Otoritas Jasa Keungan (OJK) bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dengan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjung Balai, PT Bank Sumut dan Shopee Indonesia mengadakan pendidikan pelatihan berjualan di Marketplace ke pelaku UMKM di Kota Tanjung Balai.

Pelatihan Business Matching Akses Kredit UMKM dan Pelatihan Go Online secara virtual yang diikuti 90 pelaku UMKM PemkoTanjung Balai.

Hal itu dilakukan untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) lewat penguatan UMKM di masa pandemi Covid-19.
Sebagai nara sumber OJK Regional 5 Sumbagut, PT Bank Sumut, dan Shopee Indonesia fasilitas dari akses KUR dan cara berjualan di marketplace Shopee Indonesia ke UMKM.

Deputi Direktur OJK Regional 5 Sumbagut Andi M Yusuf menyampaikan pentingnya mendorong aktifitas UMKM di masa pandemi Covid-19, sehingga menjadi barometer pemulihan ekonomi daerah, yakni akses kredit permodalan UMKM.
Sambung Andi lagi, saat situasi Covid-19, pemanfaatan secara online menjadi solusi UMKM menjalankan operasional pemanfaatan marketplace.

“Ini tentu sangat penting sebagai pelaksanaan kegiatan UMKM agar dapat beraktifitas dari akses pembiayaan perbankan yang sekaligus pendampingan secara teknis di marketplace, Shopee Indonesia,” terangnya lewat keterangan tertulis diterima metrorakyat.com, Senin (14/9/2020).

Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori menerangkan, kredit untuk program PEN di Sumut disalurkan Bank HIMBARA dari hasil pemantauan periode Juli – Agustus 2020 sudah terealisasi sebanyak Rp3,33 Triliun kepada 43.276 debitur.

“Realisasi kredit PEN mencapai 99,14% dari target hingga September 2020 sebesar Rp.3,35 Triliun,” papar

Sedangkan Drs. H. Zainul Arifin Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial Kota Tanjung menyampaikan apresiasi kepada OJK Regional 5 Sumbagut.

Apresiasi layak diberikan kepada OJK Sumbagut yang sudah bekerja sama Pemko Tanjung Balai melalui Tim TPAKD memfasilitasi dengan akses pembiayaan modal UMKM pada bank serta pemasaran secara online untuk meningkatkan aktifitas usaha di masa pandemi Covid-19.

Acara business matching merupakan strategi TPAKD yang di lanjutkan ke Kabupaten/Kota potensial lainnya di Sumut untuk mengakselerasi perluasan akses keuangan dan peningkatan kapasitas usaha UMKM melalui TPAKD yang dibentuk di setiap Kabupaten/Kota Sumut. (MR/JB Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif