Gedung Sekolah Yang Rusak Butuh Perhatian Serius Pemkab Sergai

SHARE
205 views

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) khususnya Dinas Pendidikan Sergai sudah memberikan perhatian terhadap sekolah yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Apalagi bagi sekolah inovasi yang sudah melakukan pembenahan yang lebih baik. Pihak Dinas Pendidikan Sergai akan memberikan penilaian melalui Tim Penilaian Inovasi Sekolah kepada sekolah – sekolah inovasi dan kreatif dalam membenahi sekitar lingkungan sekolahnya.

Namun begitu sangat disayangkan, terbukti dilapangan masih ada sekolah yang kondisi fisik bangunannya memprihatinkan yang butuh perhatian serius dari Pemerintah. Salah satunya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Tanjung Beringin yang berada di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, kondisi asbes (plafon) sudah bolong bahkan ada yang roboh.

Hasil pantauan wartawan metrorakyat.com, Rabu (16/9/2020) dilokasi bangunan Ruang Kelas Baru (RKB) yang dibangun pada tahun 2011, terlihat dua ruang dari beberapa sisi bangunan tersebut ada yang sudah rusak seperti, asbes (plafon) ada yang bolong atau sudah roboh, lantai keramik yang rusak dan dindingnya sudah retak.

Selain itu, rumah dinas yang menjadi tempat tinggal seorang penjaga sekolah yang ada juga sangat memprihatinkan sepertinya sudah tidak layak lagi untuk dihuni.

Kepada media ini, salah seorang guru di sekolah tersebut menuturkan gedung RKB satu lokal ini dibangun sekitar tahun 2011, dan diketahui robohnya asbes atau plafon itu sekitar satu bulan yang lalu ketepatan disaat tidak berjalannya proses belajar mengajar karena pandemi Covid-19.

“Rencananya pihak sekolah mau memperbaikinya, karena mau mengejar kemungkinan tahun 2021 proses belajar mengajar akan aktif apabila masa pandemi Covid-19 ini berakhir,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMP N 4 Tanjung Beringin, Alvi Ramadhan Siregar, M.Si kepada metrorakyat.com menjelaskan, bahwa ruang kelas tersebut dibangun pada tahun 2011 dan sudah terlihat proses penyusutannya yang kemungkinan dampak dari cuaca sehingga plafon tersebut ada yang roboh.

Disebutkan Kepala Sekolah, selain itu memang ada juga beberapa titik dari bangunan itu yang rusak seperti, lantai keramiknya banyak yang sudah retak, sehingga sangat perlu dilakukan pembenahan.

“Maka dari itu, kami dari pihak sekolah berharap kepada pemerintah dapat kiranya dilakukan pembenahan atau rehab secara total. Plafon tersebut begitu penting, karena kita mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan terjadi apabila proses belajar mengajar kembali normal,” ungkap Alvi.

Kepsek Alvi Ramadhan juga menambahkan, memang masih ada lagi yang sangat kami butuhkan demi keamanan dan kenyamanan sekolah maupun siswa yang belajar seperti, rumah dinas penjaga sekolah dan pagar sekolah.

“Pagar sekolah ini sangat urgen, karena kita mengantisipasi siswa yang bolos ataupun orang dari luar yang masuk ke lingkungan sekolah. Untuk itu kami berharap kepada Pemerintah ada kiranya renovasi atau pembangunan total di sekolah ini,” harap Kepsek Alvi.

Ketika dihubungi media ini, Kabid SMP Dinas Pendidikan Sergai, Sujarwo, SPd via pesan Whats app menanyakan tentang keadaan gedung SMP N 4 Tanjung Beringin banyak yang rusak, sampai berita ini diterbitkan tidak ada jawaban.

Hal ini menunjukan lemahnya pengawasan serta kurangnya pantauan dari Dinas Pendidikan Sergai terhadap jenis gedung sekolah yang layak atau tidak layak lagi untuk difungsikan.

Demi kemajuan pendidikan dan masa depan anak bangsa, dalam hal ini Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Sergai melakukan peninjauan, agar seluruh anak bangsa Indonesia khususnya Serdang Bedagai dapat menuntut ilmu ditempat pendidikan yang layak.(MR/AZMI)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif