Disdik Maksimalkan Pendidikan, Pemkab Batu bara Di Apresiasi Kemendikbud RI

SHARE
106 views

METRORAKYAT.COM, BATUBARA – Dalam peningkatan kualitas pendidikan Kabupaten Batu bara, kerja keras dinas pendidikan dibawah Ilyas sitorus mendapatkan sorotan dari pusat, sehinga Pemerintah Kabupaten Batu bara dibawah kepemimpinan Ir.Zahir Map kini di apresiasi oleh Kemendikbud RI.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) melihat, upaya pemerintah kabupaten Batu bara sudah tepat, sehinga Pemkab Batu bara di apresiasi karena peduli terhadap anak-anak bangsa.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara, di bawah kepemimpinan Bupati Bapak Ir. H. Zahir, M. AP., dimana kegiatan ini menunjukan bahwa pemerintah peduli terhadap anak-anak bangsa,” kata Kemendikbud RI melalui Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd, Direktur Sekolah Dasar (SD), Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Rabu, (16/09/2020).

Hal itu dikatakan oleh Dra. Sri Wahyuningsih pada saat menjadi pembicara di Webinar yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation, Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, serta Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud.

Menurut nya lagi, dalam kondisi saat ini kita harus memberikan dukungan supaya PPJ ini bisa berjalan lancar.

“sehingga masih bisa tetap memberikan mata pelajaran hingga pendidikan pembentukan karakter pada siswa,” tambahnya

Masih menurut Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud, untuk mewujudkan itu,pihaknya sangat mengharapkan adanya kerjasama Pemerintah, orang tua dan juga para guru untuk menciptakan anak-anak didik bangsa yang baik pendidikannya.

“Untuk mewujudkannya kita butuh kerjasama berbagai pihak seperti pemerintah, guru serta para orang tua. Manajemen talenta harus terlahir dari siswa. Kami dari pusat akan terus mengupayakan untuk melakukan kolaborasi dengan dinas kota dan kabupaten untuk pendidikan para siswa di era pandemi sehingga melahirkan anak yang memiliki jiwa global tapi tetap nasionalis,” tuturnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Batu bara melalui Kadisdik Kabupaten Batu Bara mengucapkan terimakasih atas terselenggranya Webinar ini tentunya atas Kerjasama Tanoto Foundation dengan Disdik Batu Bara dengan dukungan penuh dari Kemendikbud Khususnya Direktorat Sekolah Dasar.

Bahkan, kata Kadisdik Batu bara, dukungan ini bukan hanya dalam bentuk seremoni namun Ibu Direktur Sekolah Dasar dan Tim hadir langsung dan bertindak sebagai Narasumber untuk berbagi informasi terkait pembelajaran di masa Pandamic Covid-19 ini.

“Ini sangat luar biasa dukungan Kemendikbud yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara, dan salam hormat Bupati untuk Ibu Direktur Sekolah Dasar dan Jajarannya, ” ujar Ilyas Sitorus dalam acara webinar itu, Rabu (06/09).

Ilyas atau akrab disapa Ncekli itu pun mengatakan, pendidikan Karakter walaupun sudah lama diperkenalkan dalam lingkungan Pendidikan baik pada jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA sederajat, namun perlu terus kita saling ingat mengingatkan.

saat ini katanya, kita sedang menghadapi Revolusi Digital, Perubahan Peradaban Masyarakat Dan Semakin Tegasnya Penomena Abad Kretif, disamping itu juga Pembangunan Sumber daya manusia Sebagai Fondasi Pembangunan Bangsa, Generasi Emas 2045 Yang Dibekali Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Kondisi Degradasi Moral, Etika, Dan Budi Pekerti sehingga gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa.

“Kita tingkatkan bahasa Indonesia dan bahasa daerah karena kita cemas melihat anak-anak yang mulai kecanduan bahasa global dan pelan-pelan meninggalkan bahasa ibunya. Pendidikan karakter ini apalagi di tengah pandemi memang sudah kewajiban semua pihak baik itu pemerintah, guru dan orang tua untuk saling membantu, ” imbuhnya

Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Batu bara itu juga mengapresiasi kekepada guru yang dengan senang hati melakukan kunjungan ke rumah-rumah siswa dalam membantu proses pembelajaran di masa pandemic Covid-19 ini.

“kepada semua pihak terkhusus kepada Satuan Pendidikan baik guru maupun kepala sekolah untuk terus melahirkan inovasi-inovasi serta kreativitas dalam menyampaikan pembelajaran bagi siswa di tengah pandemi, tentunya pemerintah daerah akan memendukungnya, ” pungaks Ilyas Sitorus

Sementara itu Yusri Nasution, selaku Koordinator Tanoto Sumatera Utara mengenalkan Panduan orang tua mendampingi anak belajar dari rumah. Panduan ini berisi petunjuk bagi orang tua yang bisa dilakukan secara bertahap dan praktis agar anak tidak cepat bosan dalam belajar.

“Panduan ini bisa diakses orang tua melalui sekolah mitra di 4 kabupaten/kota, ” pungkasnya

Sebagai informasi, Kegiatan ini merupakan rangkaian webinar yang berlangsung sejak 2 bulan lalu dan akan terus diadakan dengan tema yang relevan dengan kebutuhan selama era belajar dari rumah. Webinar merupakan bagian dari kerjasama kabupaten/kota mitra dengan Tanoto Foundation dalam program PINTAR yang fokus pada peningkatan mutu pembelajaran, manajemen berbasis sekolah dan budaya baca. Program ini sudah masuk tahun ketiga ketika kemudian pandemic datang.

Webinar ini juga di isi oleh 2 pemateri lainnya, yakni Iswanto Spd, (Kepsek SD UT Tanjung Gading), Nurul Hasanah Spd (Guru SD 010156 Sei Suka).

Acara ini dimoderatori Felly Ardan, S. Pd., dan diikuti ratusan peserta baik dari dalam Provinsi Sumatera Utara maupun Luar Sumatera Utara yang merupakan Mitra Tanoto Foundation dan juga diikuti Kepala Sekolah se Kabupaten Batu Bara.(mr/ar)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif