Bupati Lantik Pengurus MAG Aceh Tengah

SHARE
56 views

METRORAKYAT.COM, TAKENGON – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar melantik sekaligus mengambil sumpah janji Pengurus Majelis Adat Gayo (MAG) Kabupaten Aceh Tengah untuk Periode masa bakti 2020 – 2024.

Prosesi pelantikan berlangsung di Gedung Ummi Pendopo Rumah Dinas Bupati Aceh Tengah, Kamis (03/09/2020). Usai dilantik, dilanjuti proses tepung tawar sebagi simbol telah resmi di kukuhkan pengurus MAG.

Berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) ke – 2 yang dilaksakan pada 09 Juli 2020 yang Lalu, terpilih dalam kepengurus baru menjabat sebagai ketua Banta Cut Aspala, SE, MM sedangkan untuk Wakil ketua I dan II dipercayakan pada Dr. Joni dan M. Thaib KB.

Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus Majelis Adat Gayo Kabupaten Aceh Tengah periode 2020-2024 semoga pengurus yang baru dilantik dapat membantu Pemerintah dalam memajukan kebudayaan dan adat istiadat di Kabupaten Aceh Tengah sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 44 Tahun 1999 tentang Keistimewaan Aceh.

Ia berharap semoga para pengurus MAG yang baru ini dapat melaksanakan tugas dengan baik dan sesuai dengan Qanun Provinsi Aceh No. 9 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kehidupan Adat dan Adat Istiadat.

Disela-sela pidatonya, Bupati Aceh Tengah juga menyampaikan kami selaku Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah akan terus menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di Kabupaten Aceh Tengah, karena dengan seni budaya ini kita dapat mempersatukan seluruh komponen masyarakat kita yang hidup dalam keberagaman.

Beliau juga mengatakan, persatuan dan kesatuan adalah modal hidup yang paling utama, bersatu adalah rahmat, pecah belah adalah laknat.

“Dalam peri basa adat dikatakan ratib musara anguk, nyawa musara peluk, bulet lagu umut, tirus bilang gelas” lanjut Shabela. (MR/RN)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif