Bawaslu Raja Ampat Diduga Kemasukan Angin

Bawaslu Raja Ampat Diduga Kemasukan Angin
SHARE
242 views

METRORAKYAT.COM, RAJA AMPAT – Kinerja Bawaslu Raja Ampat dalam menghadapi tahapan proses Pilkada serentak 2020, dinilai baik, namun dalam kasus tertentu, lembaga pengawas pemilu ini dinilai kemasukan angin, benarkah demikian ?

Memperoleh informasi masyarakat dan melalui hasil investigasi lapangan, diperoleh sejumlah kejanggalan terkait pemanggilan terhadap salah satu bakal calon Wakil Bupati Raja Ampat yang masih berstatus ASN, sebaliknya seorang ASN dibiarkan berpolitik praktis di media social secara terbuka dan vulgar.

Bakal calon Wakil Bupati Raja Ampat 2020-2025, Orideko Iriano Burdam S.IP, M.Ec.Dev ( ORI ), pada tanggal 26 Agustus 2020, berpose menggunakan Jacket partai Demokrat bersama dengan bakal calon Bupati Raja Ampat 2020-2025, Abdul Faris Umlati SE.( AFU) dan Ketua Umum partai Demokrat Agus Hari Murti Yudhoyono (AHY) , ketika menerima rekomendasi dan formulir B1 KWK di Jakarta.

Foto-foto AFU-ORI bersama AHY kemudian diposting oleh para pendukung kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut di media sosial, ketika itu, ORI, masih menjabat sebagai Kepala BPKAD Raja Ampat, dan dinilai oleh Bawaslu Raja Ampat, ORI telah melakukan pelanggaran netralitas ASN

Sejumlah orang dipanggil untuk dimintai keterangan, diantaranya ORI dan Ketua DPC Partai Demokrat Raja Ampat, Abdul Wahab Warwei yang juga ikut berpose bersama. Dasar pemanggilan adalah laporan/temuan Bawaslu Raja Ampat sendiri di media social, bukan atas laporan masyarakat, dimana tim Bawaslu Raja Ampat, gencar berpatroli Cyber dan menemukan dugaan pelanggaran tersebut.

Keterangan yang dihimpun dari Abdul Wahab Warwei yang juga ketua DPRD Raja Ampat dalam kapasitasnya sebagai saksi, bahwa benar saya dipanggil untuk dimintai keterangan tersebut, dan saya mempertanyakan definisi dan terminology politik praktis kepada petugas Bawaslu.

Menurut Warwei yang akrab disapa Tanjung, ORI merupakan bakal calon Wakil Bupati dari partai Demokrat, artinya bahwa yang bersangkutan tidak sedang berpolitik praktis, Bawaslu harus mampu membedakan apa yang disebut politik praktis dan bukan politik praktis, “tegas Tanjung”.

Oridek Burdam sendiri, menyayangkan sikap yang diambil oleh Bawaslu Raja Ampat, ibarat pertandingan sepakbola, saya adalah pemain, namun sebelum pertandingan, saya sudah diberikan “Kartu Kuning” oleh Bawaslu Raja Ampat. Saya bukan sedang melakukan politik praktis tapi sebagai pemain inti, Bawaslu harus bias membedakan hal tersebut, “kata Oridek”.

Sementara itu, seorang ASN Raja Ampat dengan nama akun fb Uset Kirihio Kbarek ( UKK) , secara vulgar mengkampayekan dukungan kepada kandidat tertentu dan kotak kosong serta mengganti kepemimpinan Bupati periode sebelumnya, jauh dari pantauan tim cyber Bawaslu Raja Ampat, padahal, Uset ini secara massive dan vulgar “berkeliaran” di dunia maya sehingga mudah ditemukan setiap postingannya.

Salah satu status UKK dalam media social “ Kotak kosong adalah pilihan rakyat, harus ganti pemimpin yang banyak janji masih mau menderita di 5 tahun yang akan dating lagi ka “

Posisi Bawaslu yang gencar berpatroli cyber namun hanya mampu menemukan foto Oridek Burdam menggunakan atribut Demokrat, sementara UKK tak mampu dideteksi oleh Bawaslu Raja Ampat, dinilai sejumlah kalangan tidak netral dan diduga “masuk angin” karena telah melakukan pembiaran.

UKK merupakan ASN yang bertugas di sebuah distrik di kabupaten Raja Ampat, namun informasi yang diperoleh, UKK sudah tidak melaksanakan tugas selama 1,6 tahun, dan terlibat politik praktis serta memiliki hubungan kekerabatan dengan salah satu pimpinan partai politik di Raja Ampat.

Sebuah akun berinisial FL, dalam statusnya menyindir tentang adanya praktek kurang terpuji dari beberapa oknum yang memiliki keterkaitan dengan Bawaslu, mertua panitia pemilihan, ipar Bawaslu Propinsi dan menantu Bawaslu Raja Ampat, entah status ini ditujukkan untuk siapa ??
Benarkah Bawaslu Raja Ampat “ masuk angin “ ?.(mr/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif