Kedatangan Irjen Kemenkominfo di Malut, Disambut Wagub

Kedatangan Irjen Kemenkominfo di Malut, Disambut Wagub
Bagikan

METRORAKYAT.COM, TERNATE – Kunjungan Kerja rombongan Kementerian Kominfo di Maluku Utara langsung disambut oleh wakil Gubernur Maluku Utara M. Al Yasin Ali di Bandara Sultan Babullah, (29/7).

Kedatangan rombongan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Malut dalam rangka untuk meninjau proyek fasilitas telekomunikasi dan internet terutama di Kabupaten Pulau Morotai. Pertemuan yang berlangsung di Executive Lounge Bandara Sultan Babullah dihadiri oleh Irjen Kementerian Kominfo Dodi Setiadi, didampingi Staf Ahli bidang hukum, Hendri Subianto, Dirut Bahkti Anang Latif, Forkopimda Malut, Plt Kadis Kominfo Malut dan Karo Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik, Muliadi Tutupoho.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali menyampaikan ucapan selamat datang atas kedatangan di Maluku Utara. “Hari ini adalah hari yang sangat berbahagia, karena Provinsi Maluku Utara mendapat kunjungan berkaitan dengan Kegiatan peresmian beberapa proyek Bakti Bahkti Kemenkominfo di provinsi Maluku Utara yanh akan di Pusatkan di kabupaten Pulau Morotai”. Ucapnya

Wagub juga mengatakan, ini merupakan suatu penghormatan dan penghargaan terhadap kawasan kepulauan yang sangat luas di wilayah Timur Indonesia yang masih membutuhkan perhatian lebih dan komitmen yang kuat untuk memecahkan berbagai permasalahan pembangunan ekonomi regional di kawasan ini.

Dirinya juga menjelaskan pembangunan infrastruktur telekomunikasi telah dikembangkan oleh PT. Telkom, PT. Telkomsel dan sejumlah perusahan jasa telekomunikasi lainnya, namun beberapa tempat di wilayah Malut belum tersedia jaringan telekomunikasi berbasis kabel optik, khususnya di Ibukota Kabupaten Halmahera Timur. Sedangkan untuk Kabupaten Taliabu, baru terkoneksikan namun belum optimal layanannya.

“Untuk itu geliat ekonomi Maluku Utara diyakini akan semakin meningkat, bila pengembangan program pembangunan infrastruktur telekomunikasi dapat ditingkatkan, antara lain melalui program Palapa Ring yang selanjutnya akan dihubungkan oleh operator lokalnya dalam membangun Fiber Optik ke last miles (desa-desa yang dituju).

Selain itu juga, dihadapan Irjen Wagub menyampaikan aspirasi dari OKP- Cipayung Maluku Utara yang terdiri dari beberapa tuntutan yang diantaranya, memperluas jangkauan Jaringan berbasis 4G, menyediakan kuota data seluler yang bisa diakses oleh seluruh Mahasiswa dan Pelajar di Maluku Utara dan membangun sarana Komunikasi di seluruh pelosok Maluku Utara.

“Kita beraharap apa yang menjadi kebutuhan sarana telekomunikasi dan internet di Maluku Utara dapat ditindaklanjuti oleh Pak Menteri”. Ujarnya.

Sementara Direktur Utama Bahkti Kemenkominfo, Anang Latif dihadapan insan Pers mengatakan, kunjungan Kerja kita ke dalam rangka terhadap fasilitas telekomunikasi dan internet yang dibangun di Provinsi Maluku Utara tembusannya di Morotai.

Menurutnya, di Morotai ada beberapa proyek yang dilaksanakan oleh Bahkti Kemenkominfo diantaranya Palapa Ring, BTS (base transceiver Stasion), dan USO.

“Selama ini Pemerintah sudah membangun melalui Bahkti sebanyak 163, kedepan ada 347 yang akan kita alokasikan untuk Provinsi Maluku Utara, untuk Morotai dijadikan sample yang semula disiapkan untuk dilihat Pak Menteri,”tuturnya.

Usai melakukan pertemuan sekitar dua jam, rombongan kemudian melakukan kunjungan ke Kabupaten Pulau Morotai untuk meninjau Proyek pembangunan telekomunikasi dan internet yang sementara waktu dilaksakanan.(mr/Azrul)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.