Kelompok Tani Lestari Ronggur Nihuta Samosir, Kembangkan Pertanian dan Peternakan

Kelompok Tani Lestari Ronggur Nihuta Samosir, Kembangkan Pertanian dan Peternakan
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Kelompok Tani Lestari (KTL) Desa Salaon Dolok, Kec Ronggur Nihuta Kab Samosir, mampu mengembangkan pertanian dan peternakan.

“Para petani tergabung KTL tersebut secara bertahap bangkit, mandiri untuk pengembangan perekonomian di bidang pertanian dan peternakan”, sebut Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) lewat Rolanso Situmorang selaku PPL Dinas Pertanian (Distan) saat mendampingi KTL untuk pembuatan pupuk organik padat, Sabtu (17/7/2020).

Katanya menjelaskan target kedepan, kelompok harus memiliki rumah produksi sendiri pembuatan pupuk organik padat.

“KTL punya target memiliki rumah produksi pupuk organik sendiri, sehingga dapat menghasilkan yang lebih baik sebagai kebutuhan petani dan dijual ke masyarakat untuk menambah kas”, tegasnya.

Sementara Ketua KTL meminta peran dari pemerintah dalam hal ini Distan untuk dapat memperhatikan mendampingi kelompok tani lainnya.

“Kami bersyukur Rolanso Situmorang PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dari Distan didampingi drh. Carter Sitanggang mengharapkan stakheholder dapat memberikan saran dan tambahan anggaran”, ucapnya.

Dengan perhatian pemerintah lewat Distan kelompok tani tentu akan dapat mandiri. Apalagi kelompok tani sudah berbuat dan bekerja, demi kemajuan pertanian dan peternakan di Samosir yang kita cintai ini.” kata Samosir.

Jumlah anggota KTL 23 orang hadir dalam pembuatan pupuk organik padat tersebut. (MR/JB Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.