Bupati Bintuni Apresiasi Tinggi Terhadap Para Anggota DPRD Yang Telah Mengesahkan 2 Produk Hukum Daerah

Bupati Bintuni Apresiasi Tinggi Terhadap Para Anggota DPRD Yang Telah Mengesahkan 2 Produk Hukum Daerah
SHARE

METRORAKYAT.COM, BINTUNI – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Teluk Bintuni Dalam Rangka Pengesahan Peraturan DPRD terhadap kode etik dan tata cara beracara, Selasa 30/06/2020, bertempat di ruang sidang utama Gedung DPRD Kabupaten Teluk Bintuni.

Dalam sambutanya Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw MT mengatakan ” sebagaimana kita pahami bersama bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Pemerintah Daerah adalah merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah sebagaimana tertuang dalam Undang – Undang No 23 Tahun 2014, Meskipun memiliki fungsi dan peran masing – masing yang sudah barang tentu tujuannya adalah mewujudkan Masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 “.

Beberapa ketentuan perundang undangan yang menjadi pedoman kerja berkaitan dengan urusan kewenangan daerah yang menjadi urusan daerah Otonom yang dilakukan baik oleh eksekutif dan legislatif antara lain, UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, UU No 12 Tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan lainya.

Selanjutnya dalam peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD Tentang tata tertib DPRD maka sebagai tindak lanjut serta dalam Pelaksanaannya.

“Maka pada hari ini Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni telah menyusun peraturan DPRD yaitu peraturan DPRD Kabupaten Teluk Bintuni tentang kode etik dan peraturan DPRD tentang tata cara beracara,”terang Bupati.

Selanjutnya hari ini kita telah menyaksikan bersama sama akan pengesahanya dengan harapan akan menjadi pedoman kerja bagi para Anggota DPRD yang terhormat untuk melaksanakan tugas dan fungsi dengan lebih baik.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa peraturan terkait kode etik dan tata cara beracara Badan Kehormatan adalah merupakan kumpulan ketentuan dasar yang menjadi pedoman terhadap kepatuhan dalam melaksanakan tugas – tugas DPRD serta dilakukan berdasarkan ketentuan perundangan – undangan yang berlaku,”ujar Bupati.

Dari beberapa hal tersebut yang tadi saya sampaikan, harapan kita semua bahwa dengan disahkannya 2 ( dua ) peraturan DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, hari ini tentu akan dimaknai oleh para anggota DPRD dan kita semua bahwa tata beracara oleh Badan Kehormatan yang merupakan salah satu alat kelengkapan DPRD diharapkan sebagai pemicu untuk dapat lebih meningkatkan kinerja dari Para Anggota DPRD yang terhormat.

Selaku Bupati saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni yang telah mengesahkan 2 ( dua ) Produk hukum daerah yaitu peraturan DPRD tentang kode etik dan peraturan DPRD tentang tata cara beracara bagi anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, tutup Bupati Teluk Bintuni. (MR/Azrul)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif