oleh

Pemkab Samosir Akhirnya Akui Perjalanan Pasien Covid-19 ke Samosir

SHARE
119 views

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Samosir akhirnya mengakui adanya warga berinsial AP terpapar Covid-19. AP sendiri diketahui pernah ke Samosir setelah melihat jejak digital atau foto-foto terbarunya bersama dengan temannya. Hal ini sampaikan Juru Bicara (Jubir) GTTP Covid-19, Rohani Bakkara SPd, MM, Jumat (26/6/2020).

Untuk mencegah penyeraban Covid-19, GTPP Samosir telah melakukan serta menelusuri perjalanan AP dan saat ini ada 17 orang menjalani pemeriksaan rapid test.

Hasilnya, semua dinyatakan negatif.

“Kemarin kita lakukan rapid test dan negatif. Mereka juga diwajibkan untuk menjalani isolasi mandiri,” tutupnya dengan berharap kasus Covid-19 tidak masuk ke Samosir.

Sebelumnya, Bupati Rapidin Simbolon membenarkan adanya seorang warganya berinisial AP terinfeksi virus corona atau Covid-19, Kecamatan Harian. Namun selama ini AP diyakini lanjut Bupati, tidak pernah datang ke Samosir melainkan sehari-harinya tinggal di Medan. Namun orangtua AP berada di Samosir.

Menurut Bupati, AP sendiri diketahui terpapar setelah menjalani pemeriksaan rapid test, yang dilanjutkan dengan swab test. Hasilnya positif dan kini masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit Medan. “AP belum pernah masuk ke samosir setelah di cek kepada petugas pintu masuk dari Tele maupun dari danau yang ada di Samosir,” tegasnya

Terpisah, AP mengakui kondisi kesehatannya sekarang. Namun informasi yang menyebutkan dirinya kabur dari rumah sakit ditepisnya.

“Terkait aku lari dari rumah sakit atau niat mau ke samosir itu tidak benar, posisi saya saat ini di rumah sakit Siti Hajar  yang ada di Jalan Jamin Ginting. Saya masuk isolasi pada hari Selasa,” katanya.

Namun pernyataan Bupati Samosir disangkal AP. Sebab tanggal 5 Juni 2020 darinya masuk ke daerah Samosir, kemudian tanggal 16 Juni 2020 balik ke Medan.

“Lebih kurang selama 2 minggu saya di samosir,” ucapnya sembari menegaskan bahwa dirinya juga pernah berkomunikasih dengan pihak Pemkab Samosir. (MR/JB Rumapea).

Breaking News