H+7 Pasca Lebaran Idul Fitri, Pengunjung Lapangan Merdeka Membludak, Tim GTPP Siantar Kemana??

H+7 Pasca Lebaran Idul Fitri, Pengunjung Lapangan Merdeka Membludak, Tim GTPP Siantar Kemana??
SHARE

METRORAKYAT.COM, SIANTAR – H+7 Pasca Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1441 H
Lapangan Merdeka Siantar atau yang lebih terkenal dengan sebutan Taman Bunga tampak ramai dikunjungi warga. Dari amatan langsung awak media ini pada Minggu (31/5/2020) tampak warga berkerumun dan terkesan bergerombol. Namun ada yang janggal. Diantara sekian banyak pengunjung tersebut tampak kalau mereka seolah mengabaikan bahkan boleh dikatakan tidak peduli dengan aturan Protokol Kesehatan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 seperti yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Dari kumpulan pengunjung yang tampak membludak itu, banyak yang tidak menjaga jarak juga tidak menggunakan masker. Hal ini mengundang perhatian dan tanda tanya. Sebab tidak satu orang pun petugas tampak berada di lokasi untuk mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 sekaligus mencegah kerumunan massa pengunjung seperti yang sering dilakukan sebelumnya. Keadaan ini menimbulkan tanda tanya seorang warga setempat yang namanya minta dirahasiakan sembari berkata ke awak media ini: “Kemana semua para petugas? Apa kalau hari Minggu Covid-19 gak bisa menular bang? Makanya petugas ngerasa gak perlu bekerja kalau hari Minggu? Apa Siantar ini mau jadi zona merah terus? Lalu kenapa ada pembiaran ‘penumpukan’ warga di taman bunga ini?” Ujarnya sambil geleng-geleng kepala. “Atau, apa memang Siantar sudah resmi memasuki situasi kehidupan baru atau New Normal? Atau mungkin yang udah habisnya anggaran daerah Pemko Siantar untuk penanggulangan Covid-19? Seharusnya, kan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Pematangsiantar siap setiap saat harus standby dan bekerja keras secara terus-menerus demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kota ini pungkasnya.

Lebih jauh dari pantauan awak media ini, para pengunjung bukan hanya dari warga Kota Pematangsiantar saja, tetapi juga dari luar daerah seperti kota Medan.

Sutina, salah seorang yang sedang berkunjung di Taman Bunga, mengaku datang dari Medan ke Siantar untuk tujuan berlebaran ke rumah famili nya. Sebelum kembali ke Medan, sore ini menyempatkan diri berkunjung ke Taman Bunga.

Ketika awak media ini meminta waktunya untuk memberi sedikit tanggapan tentang protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah terkait Virus Corona seperti tidak boleh ke luar kota, tidak diizinkan berkumpul-kumpul di luar rumah, jaga jarak dan harus pakai masker saat keluar rumah, Sutina menjawab, “Tahu, sih, Pak. Tapi, kan, kita hanya singgah sebentar saja.”

Di sudut lain, seorang warga kota Siantar yang kebetulan sedang bersama keluarganya menikmati liburan akhir pekan, ketika diminta komentarnya soal banyaknya pengunjung di Taman Bunga ini, ia menjawab, “Ini sudah salah sih pak! Harusnya Pemerintah dalam hal ini petugas tim GTPP harus selalu stand by untuk pencegahan melonjaknya pengunjung di sini. Petugas sudah harus siap duluan di sana agar tidak terjadi penumpukan warga,”ujar Suwardi menirukan.

Sampai berita ini naik ke meja redaksi, hanya tampak 1 mobil petugas Satpol PP yang tampak terparkir namun tidak ada petugas yang turun untuk bertindak membubarkan kerumunan warga seperti yang biasa dilakukan di hari-hari sebelumnya. (MR/HS/Tim)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif