Bupati Samosir Minta Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Bercocok Tanam

Bupati Samosir Minta Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur Bercocok Tanam
SHARE

METRORAKYAT.COM, PANGURURAN – Bupati Samosir meminta masyarakat untuk bercocok tanam sayuran di lahan tidur (tanah kosong-red) termasuk pekarangan rumah apabila memungkinkan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir lewat Bupati melaunching pemberian bibit sayuran dan sarana produksi dalam rangka percepatan penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Aula Kantor Kepala Desa Hutanamora, Kec Pangururan Samosir, Selasa (2/6/2020).

Turut hadir Acara launching ini Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Samosir, Kodim, Polres, Kejari, para Asisten Sekdakab, pimpinan OPD, para Camat dan Kepala Desa, serta perwakilan masyarakat penerima manfaat dari desa Hutanamora.

Kadis (Kepala Dinas) Ketahanan Pangan Kab. Samosir, Rawati Simbolon SPd, MM lewat laporanya menyatakan pemberian tersebut bertujuan supaya masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur termasuk lingkungan/pekarangan rumah menjadi tempat budi daya tanaman sayuran lewat media polybag selama pandemi Covid-19 dalam rangka mengatasi kebutuhan sayur untuk konsumsi gizi yang seimbang.

Sambungnya lagi, hal itu sebagai sasaran pemberian bibit sayuran dan sarana produksi ini, dengan mencakup 9 kecamatan, 128 desa, 6 kelurahan dengan total 6.000 KK atas usulan kepala desa dan diketahui oleh camat.

“Bantuan yang diberikan berupa: (1) kompos 10kg/KK, (2) pupuk NPK 16:16:16 (1kg/KK), (3) pupuk urea (0,5kg/KK), (4) polybag (1kg/KK), (5) bibit sayuran sawi manis (1 sachet @25 gram/KK), (6) bibit sayuran bayam (1 sachet @26.000 butir/KK), (7) bibit sayuran kangkung (1 sachet @1.500 butir/KK)”, tegas Rawati.

Di acara sebelum penyampaian sambutan dari perwakilan FKPD, diawali pemutaran film cara menanam bibit sayuran serta perawatan hingga panen disaksikan oleh seluruh peserta undangan.
Sementara Ketua DPRD Samosir menjelaskan pemberian bantuan ini harus berhasil dengan pengawasan para pihak terkait disertai edukasi dari Dinas Pertanian (Distan) mulai dari penanaman hingga pemanenan, pintanya.

Hal yang sama disampaikab Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM menyambut baik kegiatan tersebut karena merupakan upaya Pemkab Samosir mengatasi kelangkaan sayur mayur untuk kebutuhan keluarga.

“Diharapkan koordinasi lintas SKPD untuk memberhasilkan program ini terutama para aparat dan Tim PKK Desa mulai dari penanaman hingga pemanenan,” ujarnya.

Selain itu, Rapidin juga menekankan agar program ini berhasil guna untuk mengatasi dampak Covid-19 selama pandemi.

“Kiranya melalui kegiatan ini, masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah menjadi tempat budi daya tanaman sayuran melalui media polybag selama pandemi Covid-19 dalam mengatasi kebutuhan sayur untuk konsumsi gizi yang seimbang,” pungkasnya.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program Pemkab agar berhasil guna.

“Mari kita bekerja keras, agar hidup kita lebih baik dan maju dengan melakukan program Pemkab Samosir untuk mensejahterakan masyarakat,” tutupnya mengakhiri. (MR/JB Rumapea)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif