Pembukaan Lahan Kebun Talas Subulussalam, “Camat Rundeng Target 150 Hektar”

Pembukaan Lahan Kebun Talas Subulussalam, “Camat Rundeng Target 150 Hektar”
SHARE

METRORAKYTA.COM, SUBULUSSALAM – Muspika Kecamatan Rundeng mengikuti aksi penanaman perdana talas (keladi) di Lahan kebun Masyarakat Desa Sepadan, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam, sebagai bagian menjaga ketahanan pangan Subulussalam di tengah pandemi COVID-19. Minggu, (31/05/2020)

Areal seluas 20 hektare ini sekaligus dipersiapkan sebagai pusat program pengembangan dan edukasi bagi budidaya talas (keladi), sayuran, buah, hingga tanaman Jagung.

“Alhamdulillah, kami telah memulai penanaman talas (keladi) seluas Lebih Kurang satu hektare, nanti akan berkembang hingga diperkirakan 20 hektare,” katanya. Kepala Desa Sepadan, Heriyanto

Saragih sebagai inisiator gerakan ini mendapat dukungan penuh dari sejumlah muspika Rundeng. Di antaranya Camat Rundeng, Irwan Faisal, Kapolsek Rundeng Abdul Malik, dan Anggota DPRK Dapil lll Ridwan Yang Asli Sebagai putra Rundeng serta masyarakat Desa Sepadan sebagai penyedia lahan untuk dikelola.

Camat Rundeng, Irwan Faisal, SH menjelaskan budidaya talas dan sejumlah tanaman lain sebagai langkah untuk menjamin perekonomian dan ketahanan pangan, serta pusat edukasi tanaman talas di kecamatan Rundeng

“Kami berharap di sini akan menjadi pusat edukasi budidaya tanaman utamanya talas satoimo,” jelasnya.

Insa Allah Kami juga akan kembangkan Di beberapa Desa lain Sperti Desa, Panglima Sahman, Desa Sibungke, Desa Dah, Desa Tualang, Desa Tanah Tumbuh Desa Laemate, Desa Oboh Serta Desa Harapan Baru.

Sementara itu Saragih mengungkapkan budidaya talas satoimo telah dilakukan di Desa Panglima Sahman dan Alhamdulillah berhasil di budidayakan di tanah Rama Sebab, budidaya tanaman yang memiliki kandungan kolagen dan anti oksidan tinggi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan.

“Budidaya talas ini jika dikembangkan dengan serius agar mampu menyejahterakan masyarakat, ekspor sangat terbuka lebar untuk komoditas ini,” ujar Saragih. (MR/Jar)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif