BPBD Karo Bentuk Desa Tangguh Bencana

BPBD Karo Bentuk Desa Tangguh Bencana
Bagikan

METRORAKYAT.COM, KARO – Bencana alam sering datang tiba-tiba tanpa sepengetahuan manusia. Oleh karenanya, untuk melindungi warga di pedesaan dari ancaman bencana.

Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Karo membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) guna mewujudkan masyarakat siap siaga dan tangguh terhadap bencana. Dengan terbentuknya Destana, upaya penanggulangan bencana berbasis masyarakat akan tebangun dan terkoordinasi.

“Pembentukan destana mulai dibentuk, karena kita harus belajar dari pengalaman yang telah lewat seperti meletusnya gunung Sinabung. Banyak masyarakat di desa yang belum siap siaga menghadapi bencana disaat itu,”ujar Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karo Ir. Martin Sitepu, Senin (23/09/2019) di Desa Naman, Kecamatan Namanteran saat pembentukan desa tangguh bencana.

Dikatakannya, pembentukan dan pembinaan desa/kelurahan tangguh bencana sejalan dengan visi BPBD yaitu ketangguhan bangsa dalam menghadapi bencana.

“Pembentukan destana ini merupakan upaya pengurangan risiko bencana berbasis komunitas, yang akan dilaksanakan melalui pengembangan Desa Tangguh Bencana. Disini masyarakat desa akan diberikan bimbingan dan belajar menghadapi bencana oleh BPBD,”sebjutnya.

Sebab pembentukan destana sangat penting untuk mitigasi bencana mengurangi resiko akibat bencana, termasuk mengurangi korban jiwa. Begitu juga berdampak pada ekonomi, infrastruktur, dan psikologi/sosial. Tanggung jawab bencana merupakan trisula (pemerintah, masyarakat dan dunia usaha), yang artinya tanggung jawab bersama.

Adapun desa yang terpilih menjadi Desa Tanggguh Bencana yakni Desa Naman, Kecamatan Namanteran dan Desa Sukatendel, Kecamatan Tiganderket. Sebelumnya Desa Naman telah dilakukan pembentukan dan pembinaan pada 16 – 19 September. Sedangkan Desa Sukatendel sudah mulai dilaksanakan dan akan berakhir pada 26 September.

Sementara para narasumber pembentukan dan pembinaan diantaranya Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provsu Gelora Viva Sinulingga, Kadis DPMD Karo Abel Tarigan, PVMBG, dan fasilitator Destana binaan BNPB. (MR/Anita)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.