oleh

Pangdam I/BB Resmikan Taman Perjuangan, Monumen Jamin Ginting, Pesan Jenderal Besar Soedirman Serta Ruang Fitnes A.E Kawilarang

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah melaksanakan peresmian taman perjuangan Kodam I/BB, rehab monumen Jamin Ginting dan pesan Jenderal Besar Soedirman serta penggunaan Ruang Fitnes A.E. Kawilarang, pada Kamis 20 Juni 2019 di Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Pada kesempatan tersebut, dalam amanat Pangdam I/BB menyampaikan sebagai ungkapan rasa syukur dan perwujudan hormat serta penghargaan kepada pahlawan dan para pendahulu kami, dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-69 Kodam I/BB telah melakukan penataan ulang Markas Kodam I/BB. Beberapa bagian telah kami melakukan pembangunan dan rehab, diantaranya : yang pertama, taman perjuangan Kodam I/BB yang terdapat dua unit kendaraan tempur Tank AMX-13 APC dan Tank AMX-13 Kanon 75 MM, ini merupakan produksi Perancis dan mulai digunakan oleh Angkatan Perang Republik Indonesia Tahun 1962. kedua unit tank tersebut telah mewarnai sejarah Kodam I/BB dalam penugasan Operasi Trikora Tahun 1962 di Wilayah Papua, Operasi Seroja Tahun 1976 di Wilayah Timor Timur dan Operasi Militer Aceh Tahun 2001-2003. Disamping itu terdapat dua unit Meriam PSP (penangkis serangan panser) kaliber 57 mm produksi Inggris Tahun 1942. meriam ini awalnya digunakan tentara Inggris pada pertempuran Surabaya Tahun 1945 dan dapat direbut oleh para pejuang Indonesia. kedua unit meriam ini juga telah menorehkan sejarah Kodam I/BB pada Operasi Militer Penumpasan Pemberontakan PRRI/Permesta.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan yang kedua, rehab Monumen Jamin Ginting, yang didalamnya berisi foto-foto pada saat beliau menjabat sebagai Panglima Tentara dan Teritorium I/Bukit Barisan. selain itu juga terdapat barang-barang peninggalan Letjen TNI Drs. Jamin Ginting pada saat beliau menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kanada. Yang ketiga, pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman, yakni satu-satunya hak milik Nasional Republik Indonesia yang masih tetap utuh tidak berubah-ubah meskipun harus menghadapi segala macam soal dan perubahan adalah hanya Tentara Nasional Indonesia”.

Pesan inilah yang penyemangat dalam melanjutkan cita-cita perjuangan beliau sebagai bapak TNI. Keempat, untuk menjaga kebugaran fisik prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan, kami telah melengkapi dengan fasilitas ruang fitnes yang beri nama Kawilarang Fitness Centre, sebagai wujud penghormatan kami kepada Kolonel A.E. Kawilarang yang merupakan pejabat pertama Pangdam I/BB, dimana pada saat itu masih bernama Komando Tentara Teritorium I/BB. Itulah sebagian kecil bagian dari sejarah Kodam I/Bukit Barisan sebagai penyemangat kami dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-69 Kodam I/BB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur beserta segenap Forkopimda Provinsi Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri, para Bupati/ Walikota, Kasdam I/BB, Wakapoldasu, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, para Sesepuh dan Purnawirawan, Ketua LVRI, Ketua Warakawuri dan Ketua FKPPI, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda Kemasyarakatan dan para Pimpinan Media Massa dan Ketua Persit KCK PD I/BB beserta pengurus. (MR/Suriyanto)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News