Kejatisu Gandeng BNN Sumut Lakukan Sidak dan Tes Urine di Kejari Langkat

Kejatisu Gandeng BNN Sumut Lakukan Sidak dan Tes Urine di Kejari Langkat
Bagikan

METRORAKYAT.COM, STABAT – Dalam rangka meningkatkan SDM dan pencegahan penggunaan narkotika di lingkungan kerja jajaran Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Fachruddin Siregar, SH, MH memerintahkan Asisten Tindak Pidana Umum Edyward Kaban, SH,MH melakukan inspeksi mendadak sekaligus lakukan tes urine kepada seluruh jaksa dan pegawai di lingkungan kerja Kejaksaan Negeri Langkat di Stabat, Jumat (8/2/2019) kemarin.

Aspidum Edyward Kaban yang datang dengan mendadak disambut oleh Kajari Langkat di Stabat Wahyu Sabrudin, SIP, SH, MH didampingi para Kasi. Edyward Kaban didampingi Koordinator Salman, Kasi Teroris Yusnar serta staf Pidum Anwar Ketaren, Risma Bangun, SH dan Irma serta tim dari BNN Sumut.

Dalam sambutannya dihadapan jaksa dan pegawai di lingkungan kerja Kejari Langkat, Edyward Kaban menyampaikan tes urine terhadap insan Adhyaksa di Kejari Langkat tidak direncanakan sebelumnya.

“Kita akan melakukan tes urine kepada seluruh jaksa dan pegawai, tes urine ini kita lakukan untuk mengantisipasi dan mencegah jangan sampai SDM yang bertugas sebagai penegak hukum terindikasi sebagai pemakai narkoba,” kata Kaban, mantan Kajari Tangerang.

Lembaga Kejaksaan saat ini, lanjut Kaban sedang melakukan pembenahan ke dalam dan memperbaiki image bahwa Kejaksaan telah berubah. Kalau dalam pemeriksaan ini ada ditemukan dan terindikasi sebagai penguna narkoba, segera berhenti menggunakan narkotika dan bila ketahuan masih menggunakan narkoba bisa diberhentikan secara tidak hormat.

Setelah pengarahan dari Aspidum, Kajari Langkat di Stabat Wahyu Sabrudin menyambut baik program Kejaksaan untuk melakukan tes urine secara mendadak.

Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Wahyu Sabrudin,SIP, SH, MH didampingi Kasi Intel Ibrahim Ali, SH menyampaikan tes urine dilaksanakan sebagai upaya penguatan lembaga/institusi Kejaksaan.

“Lembaga penegak hukum juga harus didukung SDM yang sehat jasmani dan rohani. Seperti motto hidup sehat dalam bahasa Latin yang sering kita dengar “mens sana in corpore sano” yaitu di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” kata Wahyu.

Dengan adanya kegiatan tes urine ini, lanjut Wahyu Sabrudin kita yakin bahwa ini adalah program pimpinan yang bertujuan untuk pencegahan manakala ada pegawai yang menggunakan narkoba maka dapat diketahui sejak dini dan juga bertujuan untuk menumbuhkan personality Kejaksaan yang hebat.

Pantauan di Kejari Langkat, satu per satu jaksa mulai dari para Kasi, Kasubsi dan pegawai melakukan tes urine termasuk Kajari.

Koordinator Tim Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara yang turun ke Kejari Langkat Ratna Juwita Rambe menyampaikan jumlah yang diperiksa sebanyak 42 orang dan ada dua orang yang berhalangan hadir karena sakit dan proses pindah tugas.

“Hasil tes urine akan kita serahkan kepada Kajari dan Kajati Sumut. Tindakan selanjutnya kita serahkan juga sepenuhnya kepada lembaga Kejaksaan,” tandasnya. ( MR/JP)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.