5 Kali di P-19 Kan, Berkas Dugaan Korupsi RAL Kembali Diserahkan ke Kejari Gunungsitoli

5 Kali di P-19 Kan, Berkas Dugaan Korupsi RAL Kembali Diserahkan ke Kejari Gunungsitoli

METRORAKYAT.COM  |  GUNUNG SITOLI — Setelah 5 kali di P-19 kan oleh Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Penyidik Satuan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Nias akhirnya menyerahkan kembali berkas tersangka kasus dugaan korupsi penyertaan modal Pemkab Nias pada PT. Riau Airlines (RAL) Tahun 2007.

Berkas diserahkan ke Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Senin (14/8/2017) lalu sekitar pukul 14.00 WIB, setelah hampir enam bulan lebih berada di meja penyidik, pasca di P-19 kan Kejaksaan Negeri Gunungsitoli pada tanggal 07 Februari 2017.

PS Paur Subbag Humas Polres Nias Bripka Restu Gulo.( Foto/Kris)

 

” Senin kemarin Sat Tipikor Polres Nias sudah menyerahkan berkas perkara dengan tersangka Mantan Bupati Nias, Binahati B. Baeha ke Kejaksaan Negeri Gunungsitoli untuk diteliti,” kata Ps. Paur Subbag Humas Bripka Restu Gulo kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/8/2017).

Restu menyampaikan, pihaknya saat ini menunggu informasi dari pihak Kejaksaan untuk memastikan berkas tersebut sudah layak dilimpahkan ke pengadilan atau masih ada berkas yang mesti dilengkapi.

“Kita masih menunggu jika ada P19 atau ada kekurangan yang harus dilengkapi,”kata Restu.

Untuk diketahui, mencuatnya kasus dugaan korupsi ini berawal ketika Pemkab Nias menyertakan Modal terhadap PT. Riau Airlines senilai Rp. 6 Milyar pada tahun 2007 silam. Dimana, penyertaan modal itu bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Namun kemudian, setelah Pemkab Nias menggelontorkan dana tersebut terdapat indikasi pemaksaan kehendak oleh oknum tidak bertanggungjawab. Karena menurut dugaan temuan, penyertaan modal dimaksud tanpa adanya Perda yang ditetapkan oleh DPRD setempat.

Adapun pihak yang diduga turut bertanggungjawab dalam dugaan kasus ini adalah Mantan Bupati Nias, Binahati B. Baeha dan Mantan Ketua DPRD Kabupaten Nias, M. Ingati Nazara yang saat ini menjabat sebagai Bupati Nias Utara. (MR2/d1-red,)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.