oleh

Tingkatkan Keterampilan Bertani Masyarakat, Satgas TMMD Kodim 0113/Galus Gelar Lomba Sistim “JARWO”

METRORAKYAT.COM  |  DABUN GELANG —  Untuk meningkatkan keterampilan petani dalam pola tanam dengan sistem “Jarwo” (Jajar Legowo), Satgas TMMD ke-99 Kodim 0113/Gayo Lues beserta Dinas Pertanian Gayo Lues adakan lomba praktek tanam padi di persawahan Desa Badak, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues.

Lomba Asah Trampil antar petani, Selasa (25/7/17)  kegiatan ini merupakan salah satu program non fisik TMMD ke-99 Kodim 0113/Gayo Lues.

Tidak hanya sesi teori ilmu pengetahuan dibidang pertanian dan perkebunan saja yang diperlombakan, akan tetapi juga diadakan sesi perlomban praktek lapangan mengenai pola tanam dengan sistem Jarwo.

Pola tanam Jarwo merupakan pola tanam yang dianjurkan oleh Kementrian Pertanian, karena dengan pola ini dapat meningkatkan hasil produksi tanaman padi para petani.

Poin yang dinilai oleh dewan juri dalam pelaksanan lomba praktek tanam Jarwo tersebut meliputi kekompakan kelompok dalam kerjasama, kecepatan dan kerapian hasil tanam. Dalam kesempatan tersebut Kapten Arh I Wayan Ardibawa, koordinator lomba mengatakan ada sesuatu yang berbeda dari perlombaan kali ini.

“Ada yang berbeda dalam pelaksanaan lomba ini, biasanya penanaman padi sawah di Desa Badak dilakukan oleh kaum wanita, akan tetapi di lomba Asah Trampil kali ini Satgas TMMD ke-99 Kodim 0113/Gayo Lues mewajibkan untuk peserta kelompok harus kaum lelaki. Hal tersebut dimaksudkan agar kaum lelaki juga bisa mahir dan trampil baik secara teori dan praktek dilapangan sehinga dapat memberikan pembelajaran bagi para petani di daerahnya, “ujar Kapten Arh Wayan.(MR2/dim)