oleh

Relokasi Tahap Kedua Pengungsi Sinabung Ditarget Desember 2016

MetroRakyat.com  I  MEDAN – Pemerintah menargetkan relokasi tahap kedua bagi korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, rampung pada Desember 2016. Dimana sebanyak 1.683 kepala keluarga akan menjadi penerima manfaat relokasi tersebut.

“Untuk yang tahap kedua kita targetkan rampung Desember 2016. Ada hampir 1.700 rumah yang sedang disiapkan. Sementara di tahap ketiga, nanti dilanjutkan setelah Januari 2016,” ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa belum lama ini kepada awak media di Kabupaten Karo. 

Khofifah menyebutkan, kendala penyelesaian relokasi terjadi pada penyediaan lahan serta terbatasnya anggaran pemerintah untuk menyediakan fisik bangunan rumah.

“Tapi ini sudah dikordinasikan lintas sektoral. Untuk bangunan rumahnya dananya disiapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kalau nanti rumahnya sudah selesai, isi rumahnya baru dari kita,” jelas Khofifah.

Khofifah mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar menunggu relokasi dan tidak masuk ke zona bahaya yang sudah ditetapkan pemerintah. Saat ini diakuinya, pemerintah tengah menyiapkan pemasangan sistem peringatan dini (alarm warning sytem) yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengetahui aktivitas vulkanologi di Sinabung.

“Kita memang sedang menyiapkan alarm warning system-nya. Tapi bagaimana pun kita meminta masyarkat mematuhi zona bahaya,” tutupnya. (Gagasan Bangun/Peter).

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: