oleh

Koramil 03 Lima Puluh Sukseskan Swasembada Pangan Bagi Masyarakat

MetroRakyat.com | LIMA PULUH – Upaya Koramil 03/Limapuluh Kodim 0208/Asahan dalam mensukseskan program swasembada ketahanan pangan terus menerus ditingkatkan, dalam hal ini Babinsa Koramil 03/Limapuluh Sertu Mulyadi dan Sertu A. Rangkuti membantu pelaksanaan panen padi bersama pada lahan milik Ponirin di Dusun I Desa Empat Negeri Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu Bara, Minggu (15/5).

Panen padi unggul jenis ciherang dengan pola tanam jajar legowo 4:1 di atas lahan seluas 4 hektar terbukti mampu meningkatkan produktifitas padi rata-rata sekitar 2,5 ton perhektarnya.

Kegiatan panen padi ini merupakan bentuk dukungan Koramil 03/Limapuluh dalam mendukung program swasembada pangan dan kerja keras dari para petani binaan Koramil 03/Limapuluh dan Babinsa di lapangan.

Di tempat terpisah, Danramil 03/Limapuluh Kapten Inf Zulfan mengatakan, tindakan untuk mendukung petani di desa binaan wilayah Koramil 03/Limapuluh merupakan perintah langsung dari Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Enjang.

“Kami akan selalu siap mendampingi para petani, dengan cara mengoptimalkan peran para Babinsa dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait serta pihak manapun demi suksesnya program ketahanan pangan Kabupaten Batu Bara khususnya wilayah Limapuluh, ” ungkap Danramil.

Danramil menyatakan panen padi kali ini mengalami peningkatan dan akan terus berkelanjutan.

“Dalam membantu petani, kami bukan hanya membantu pada saat panen saja, namun kita bantu sejak mulai pembibitan hinga panen juga ikut mengawasi bersama gabungan kelompok tani,” tambahnya.

Selain itu, Koramil 03/Limapuluh juga memberikan sosialisasi pada petani tentang pertanian yang baik serta memberikan penjelasan pasca panen.

”Sehingga usai panen para petani bisa memahami apa yang harus di lakukan dan di persiapkan guna menghadapi musim tanam,” tutur Danramil 03/Limapuluh Kapten Inf Zulfan.(red)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: