oleh

Berkunjung ke Vietnam, Obama Umumkan Pencabutan Embargo Senjata

MetroRakyat.com I  HANOI  – Dalam kunjungan ke Vietnam, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengumumkan pencabutan embargo senjata. Pencabutan ini menjadi momen bersejarah bagi pemberlakuan embargo senjata terhadap Vietnam sejak setengah abad terakhir.

“Amerika Serikat mencabut secara penuh larangan penjualan perlengkapan militer untuk Vietnam, yang telah berlangsung selama 50 tahun,” ucap Obama dalam konferensi pers gabungan dengan Presiden Vietnam Tran Dai Quang, seperti dilansir AFP, Senin (23/5/2016).

Baik AS maupun Vietnam sama-sama khawatir dengan perkembangan militer China di wilayah Laut China Selatan yang menjadi sengketa. Namun Obama menegaskan, pencabutan embargo senjata ini terpisah dari kekhawatiran soal China yang mengklaim perairan sengketa di Laut China Selatan.

“Keputusan untuk mencabut larangan (penjualan senjata) tidak didasarkan pada China… tapi pada keinginan kami untuk menyelesaikan proses panjang menuju normalisasi hubungan dengan Vietnam,” tegas Obama.

“Pada tahap ini, kedua pihak telah mengembangkan level kepercayaan dan kerja sama termasuk untuk militer,” imbuhnya.

Presiden Quang menyambut baik pencabutan embargo senjata yang diberlakukan sejak era Perang Dingin ini.

Kunjungan Obama selama 3 hari ke Vietnam ini merupakan kunjungan pertamanya selama menjabat Presiden AS selama dua periode, sejak tahun 2009 lalu. Obama merupakan Presiden AS ke-3 yang mengunjungi Vietnam sejak hubungan kedua negara dipulihkan pada tahun 1995 lalu usai Perang Dingin.

Kunjungan ini dilakukan selang 41 tahun setelah AS dan Vietnam terlibat perang sengit pada tahun 1975 silam. Beberapa waktu terakhir, Vietnam tumbuh sebagai penyeimbang strategis di kawasan Asia-Pasifik. Vietnam juga menjadi bagian penting strategi AS menghadapi pertumbuhan pesat militer China. (Aga/Peter/Dtc).

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: